Sukses

Launching Club Gemes Kabupaten Lumajang

Klub bersepeda ke kantor atau bike to work tak hanya monopoli warga Kota Metropolitan Jakarta. Di kota Lumajang, Jawa Timur juga ada Club GEMES (Gemar Mengayuh Sepeda).

Citizen6, Lumajang: Berawal dari mendampingi keberangkatan tim Bike To Work Kabupaten Lumajang dari Jakarta Ke Bali, kemudian timbul ide Kepala Dinas Kesehatan setempat Dr. Buntaran Suprianto, M.Kes untuk membentuk Club Sepeda sehat. Karena adanya keinginan dan semangat dari Karyawan Dinas Kesehatan untuk memasyarakatkan olah raga bersepeda, maka setelah kesepakatan bersama seluruh jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang, termasuk UPTnya yaitu Labkesda, BKOR – PFK dan Akper Lumajang , maka pada 11 Februari 2011, pukul 06.30 pagi diresmikanlah Club GEMES (Gemar Mengayuh Sepeda).

Kabid Yankes Dinas Kesehatan Kab. Lumajang Drg. Budi Santoso yang juga menjadi ketua GEMES menuturkan, visi club ini adalah terbinanya komunitas pemilik, penggemar dan pengguna sepeda untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, kreatif, saling menghargai dan patuh terhadap ketentuan perundangan yang berlaku. Sedangkan Mottonya adalah: Sehat itu murah.

Kini, setiap Jum'at pagi setelah mengikuti senam pagi bersama, anggota GEMES bersepeda bersama keliling kota Lumajang, tanpa mengurangi jam kerja. Setiap dua Minggu sekali pada hari libur (Sabtu, minggu dan tanggal merah) Club GEMES bersepeda bersama ke luar kota, keliling ke desa-desa.

Pak Budi menuturkan, rencana kedepan disamping bersepeda bersama, juga dilakukan kegiatan sosial. Selanjutnya akan ada hari khusus bagi Karyawan Dinkes untuk berangkat ke kantor menggunakan sepeda guna mengurangi polusi udara dan belajar mencintai lingkungan. (Pengirim: Eko Yuli Susilowati).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.