Sukses

Kalsel Tak Ada Bank Sampah

Menteri Negara Lingkungan Hidup Gt Muhammad Hatta memasang target mampu mengurangi volume produksi sampah secara nasional sebesar tujuh persen pertahun. (Pengirim: Hendra)

Citizen6, Kalimantan: Menteri Negara Lingkungan Hidup Gt Muhammad Hatta memasang target mampu mengurangi volume produksi sampah secara nasional sebesar tujuh persen  pertahun. Upaya tersebut disampaikan saat meresmikan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) tahu Sumber Indah, di Kelurahan Mentaos, Kecamatan Banjarbaru Utara, Selasa (22/3).

Menteri LH sangat prihatin dengan rendahnya partisipasi masyarakat menajaga lingkungan, padahal peran serta masyarakat begitu diperlukan untuk keberhasilan misi pemerintah ini termasuk untuk meraih lagi piala adipura. Rendahnya peran serta masyarakat itu jadi salah satunya dapat dilihat dari masih terbatasnya keberadaan bank sampah. Dari seluruh wilayah di Indonesia, baru beberapa daerah yang warganya mengelola bank sampah. saat ini di Kalsel, belum ada satu pun bank sampah yang dikelola masyarakatnya.

Menurutnya di Yogyakarta ada 60 titik bank sampah yang dikelola warga sendiri. "Maka dari itu Sudah saatnya Bank sampah di Banjarbaru ada sebab tidak ada satu pun di daerah Kalsel punya bank sampah," sentilnya sambil melirik Walikota Banjarbaru, Drs Ruzaidin Noor. (Pengirim: Hendra)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.