Sukses

Ke Solo, Mampirlah ke Museum Batik Kuno Danar Hadi

Batik merupakan identitas bangsa Indonesia serta budaya yang diturunkan dari generasi ke generasi.

Liputan6.com, Jakarta Citizen6, Jakarta: Batik merupakan identitas bangsa Indonesia serta budaya yang diturunkan dari generasi ke generasi. Karena sudah dikenal berabad-abad lalu dan berkembang di banyak tempat, perkembangan batik pun begitu pesat.

Di Solo, ada satu tempat yang wajib anda kunjungi ketika mampir ke kota bengawan ini. Jika ingin mengetahui keragaman serta sejarah panjang batik datanglah ke Museum Danar Hadi (ndalem Wuryaningratan) yang berada di Jalan Slamet Riyadi, no. 261 Surakarta.

Museum yang didirikan pada tahun 1890 ini merupakan kediaman dari KPH. Wuryaningrat, cucu dari Pakubouwono IX. Museum ini memiliki konsep  bertemakan batik, terinspirasi dari buku karya Bapak H. Santosa Doellah dengan judul Pengaruh Zaman dan Lingkungan.

Ada beberapa penghargaan yang sudah didapat museum ini yaitu penganugerahan dari Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) pada 1999, penghargaan dari Pemerintah Kota Surakarta pada tahun 2000 karena kepedulian terhadap upaya pelestarian ndalem Wuryaningrat, dan penghargaan dari portal atau website Tripadvisor.

Museum ini banyak memamerkan koleksi batik-batik kuno dari berbagai kurun waktu sebelum dan sewaktu penjajahan Belanda dan Jepang sampai saat kemerdekaan Indonesia. Batik-batik yang dipamerkan bernilai seni tinggi antara lain Batik Kraton, Batik Belanda, Batik Cina, Batik Hokokai, Batik Indonesia, sampai Batik Sudagaran.

Bangunan ndalem Wuryaningrat merupakan suatu banggunan yang dilengkapi dengan kemewahan interior ruang dalam yang memiliki ciri khas Langgam Jawa, dihiasi Patangaring yang megah keemasan menjadi kebanggaan tersendiri bagi siapa saja yang datang ke ruangan indah tersebut.

Workshop yang dibuat menyuguhkan sebuah karya batik yang lahir dari keterampilan tangan- tangan yang memiliki cita rasa seni tinggi. Dari mulai proses pembuatan motif pada kain, meletakan malam diatas kain sampai dengan proses pewarnaan batik tradisional.

Batik Danar Hadi juga menyuguhkan showroom, showroom ini adalah tempat dimana pengunjung dapat secara langsung mengapresiasikan batik sebagai bagian dari gaya hidup masa kini.

Beraneka ragam produk eksklusif yang disediakan berupa cinderamata khas Solo dari Batik Danar Hadi dan merupakan hasil karya yang diciptakan melalui workshop Batik Danar Hadi bisa menjadi buah tangan untuk keluarga maupun teman-teman anda.

Interior toko yang apik dan artistik menambah kenyamanan pengunjung ketika berbelanja. Saat pengunjung kelelahan setelah berkeliling museum disini anda akan mendapatkan aneka suguhan minuman dan makanan lezat dengan cita rasa khas Solo. (Yulee/kw)

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai Kamis, 20 Februari 2014 sampai dengan 6 Maret 2014, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan "Pekerjaan Impian". Ada merchandise eksklusif dari Liputan6.com bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini. - See more at: http://news.liputan6.com/read/2015738/dua-pegawai-pln-purwakarta-di-kabarkan-hilang#sthash.PpbooJkr.dpuf

 Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai Kamis, 20 Februari 2014 sampai dengan 6 Maret 2014, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan "Pekerjaan Impian". Ada merchandise eksklusif dari Liputan6.com bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini. 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.