Sukses

Masalah Bencana, Perlu Peran Dunia Usaha

Penanganan bencana alam bukan hanya tugas pemerintah, tetapi juga perlu peranan dunia usaha atau pihak swasta

Citizen6, Jakarta Penanganan bencana alam bukan hanya tugas pemerintah, tetapi juga perlu peranan dunia usaha atau pihak swasta yang turut merasakan dampak dari bencana alam.

Hal ini dikatakan sekretaris Lembaga Penelitian Universitas Nusa Cendana Kupang, Dr  Ir  Michael Riwu Kaho, dalam acara penguatan forum pengurangan risiko bencana daerah Nusa Tenggara Timur (NTT) di Kupang, pada Rabu 26 Februari 2014.

Michael mengatakan, jika bencana alam terjadi maka akan mengganggu supplay usaha. Jika dilihat dari angka kerugian terbesar secara perorangan, pihak swasta merupakan pihak yang sangat dirugikan.

Oleh karena itu, lanjutnya, peran serta dunia usaha dan organisasi nirlaba sebagai bagian dari multi pihak dalam mengatasi terjadinya bencana alam sangat dibutuhkan.

"Akhir-akhir ini, kalau terjadi bencana yang ditanya adalah negara. Berapa dana yang disiapkan negara untuk korban bencana? Padahal dalam negara terdapat berbagai dunia usaha yang seharusnya turut mengambil bagian dalam membantu korban bencana. Karena dunia usaha juga turut menyumbang terjadinya resiko bencana, terlebih bagi usaha pertambangan dan industri lain yang menyebabkan limbah berbahaya bagi lingkungan," ujar Michael.

Dia juga menegaskan, masalah bencana alam bukan hanya soal tinjauan lingkungan hidup, tetapi perlu pula ditinjau dari dari aspek sosial budaya, misalnya kebiasaan masyarakat yang cenderung berpikir untuk kepentingan yang menguntungkan pada waktu yang singkat tetapi perlu pula memikirkan kerugian pada masa yang akan datang.

Atas persoalan ini Michael mengharapkan, ada keterpaduan tujuan pengelolaan terhadap risiko bencana alam antara pemerintah dan dunia usaha, khususnya bagi organisasi nirlaba. Sehingga memiliki pemahaman sama terhadap bencana, maka kehadiran dunia usaha bukan menambah jumlah risiko bencana. (Mar)

Penulis
Yuven Nitano
Kupang, juvenmadxxx@yahoo.com


Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai Kamis, 20 Februari 2014 sampai dengan 6 Maret 2014, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan “Pekerjaan Impian“. Ada merchandise eksklusif dari Liputan6.com bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini