Sukses

Hari Gizi, RZ Lakukan Aksi Sehat ke Pulau Terpencil

Cita Sehat Foundation (CSF) Rumah Zakat (RZ) cabang Lampung dalam memperingati Hari Gizi Nasional (HGN) ke-54

Citizen6, Jakarta Cita Sehat Foundation (CSF) Rumah Zakat (RZ) cabang Lampung dalam memperingati Hari Gizi Nasional (HGN) ke-54  ikut serta mendukung Ekspedisi Bhakti Relawan Nusantara (KRN) ke Pulau Tegal, Pesawaran, Lampung.

Pelaksanaan kegiatan yang dilaksanakan pada  Minggu 23 Februari 2014 ini menggandeng Rumah Baca Asma Nadia Lampung, 1000 guru, dan Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Lampung. 

Adapun rangkaian kegiatan baik di bidang kesehatan maupun non kesehatan yang dilaksanakan di Pulau Tegal meliputi pemeriksaan kesehatan umum, pemeriksaan kehamilan, senam sehat, berbagi PMT, berbagi buku dan alat tulis, gema bersihati, relawan rz mengajar, dan sebagainya.

Pulau Tegal, Pesawaran, Lampung merupakan lokasi yang kurang bahkan jarang terjamah baik dari segi kesehatan maupun pendidikan. Warga di sana hanya berjumlah 30 kepala keluarga, dan jarak antar rumah pun berjauhan. Untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dan pendidikan formal masyarakat harus menyeberangi laut dengan biaya transport yang tidak sedikit.

Pemeriksaan kesehatan dilakukan secara door  to door dikarenakan letak rumah warga yang berjauhan. Meskipun jumlah warga tidak banyak, gambaran kondisi kesehatan di daerah tersebut cukup miris dan memprihatinkan. Penyakit yang diderita tidak hanya Communicable Disease (CD) melainkan Non Communicable Disease (NCD).

Hasil dari pemeriksaan kesehatan oleh tim kesehatan, di dapat ada 2 kategori penyakit yaitu penyakit Communicable Disease atau penyakit menular yaitu malaria, hepatitis A dan penyakit Non Communicable Disease atau penyakit tidak menular yaitu asam urat, hipertensi, resiko diabetes melitus (DM).

Hal ini membuat tim CSF RZ cabang Lampung mempertimbangkan akan adanya Rencana Tindak Lanjut (RTL) dari kunjungan ke pulau terpencil ini. Apakah itu rencana akan dijadikannya daerah binaan/ICD sehingga adanya kegiatan pemberdayaan yang berkelanjutan ataukah akan support kegiatan di bidang kesehatan di waktu yang akan dijadwalkan rutin.

Solusi dari permasalahan kesehatan di daerah tersebut akan dikomunikasikan oleh pihak-pihak terkait, agar segera ditindaklanjuti. (Mar)

Penulis
Dwi Endah
d.enxxx@yahoo.com

Baca juga:

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai Kamis, 20 Februari 2014 sampai dengan 6 Maret 2014, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan "Pekerjaan Impian". Ada merchandise eksklusif dari Liputan6.com bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini