Sukses

[Arti Pemilu] Jembatan Emas Menuju Rakyat Sejahtera

Apa arti pemilu buat kita? Sebelum menjawabnya hendaknya kita menempatkan pemilu dalam bingkai sistem demokrasi.

Citizen6, Jakarta Apa arti pemilu buat kita? Sebelum menjawabnya hendaknya kita menempatkan pemilu dalam bingkai sistem demokrasi.

Demokrasi intinya adalah kedaulatan rakyat dimana rakyat sebagai pemegang kedaulatan tertinggi dalam sebuah negara. Untuk melaksanakan kedaulatan tersebut dilakukan dengan apa yang disebut pemilu. Oleh karena itu, untuk menciptakan negara yang adil, makmur dan sejahtera dimana semua orang dalam negara berada dalam suasana cukup pangan, sandang dan papan, maka ikut bagian dalam pemilu adalah cara rakyat untuk menentukan pilihan dan mengambil keputusan yang terbaik.

Kebanyakan dari masyarakat kita mungkin menganggap tidak ada kaitan langsung antara pemilu dengan kehidupan sehari-hari yang kita jalani. Tentu saja anggapan itu tidak benar. Di kehidupan sehari-hari kita, misalnya di pasar, Ibu-ibu mengeluhkan harga bahan pokok yang terus melambung.

Lalu, ada para pengendara kendaraan yang mengeluh mahalnya BBM dan kemacetan, anak-anak muda kita yang susah mencari pekerjaan, orang-orang miskin yang menjadikan jalan dan terowongan sebagai tempat hidupnya, dan masih banyak lagi.

Itu semua terjadi karena para pengambil kebijakan (pemimpin) yang kita pilih tidak mampu membuat kehidupan kita lebih baik lagi. Kita bisa bayangkan, kita memilih Presiden dan Wakil Presiden, 560 orang anggota DPR, ratusan dan puluhan anggota DPRD Provinsi atau Kabupaten/Kota tiap 5 tahun.

Mereka-mereka ini punya kuasa yang sangat menentukan bagaimana kehidupan kita di masa depan. Bisa dibayangkan jika Presiden dan DPR yang kita pilih sesukanya menaikkan harga BBM ? Bisa dibayangkan Anggota DPRD Provinsi bersama gubernur dan bupati membolehkan sayur mayur dan buah impor? Pihak yang dirugikan adalah kita, bukan siapa-siapa.

Oleh karena itu, suka tidak suka, Anda terlibat atau tidak terlibat, Presiden, DPR, DPRD pasti akan terpilih di pemilu 2014 ini. Apakah kita mau dapur kita, hidup serta pekerjaan kita ditentukan pemimpin –pemimpin yang tidak amanah ?

Oleh karenanya marilah kita pilih pemimpin kita yang buat dapur tetap ngebul, sayur mayur, bahan pangan murah, BBM murah, kesehatan terjamin dan hidup sejahtera. Itulah arti penting pemilu buat kita semua. (Mar)

Penulis
Adi Surya Purba
Jakarta, bara_nasionaxxx@yahoo.com
Twitter : https://twitter.com/UcoxUI

Baca juga:
Menulis Bertopik ke-11 : Apa Arti Pemilu Bagimu?
[Arti Pemilu] Pesta Demokrasi Menuju Perbaikan Bangsa
[Arti Pemilu] Ajang Silaturahmi Saat Musim Kampanye

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai Rabu 19 Maret 2014 sampai dengan 3 April 2014, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Apa Arti Pemilu Buatmu". Ada hadiah utama LinkSys Smart Wi-Fi Router untuk satu pemenang dan merchandise spesial untuk 5 tulisan terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.