Sukses

[Arti Pemilu] Bahan Kajian yang Menarik

Pemilu merupakan sebuah ajang besar untuk kita memilih pemimpin-pemimpin negeri dan wakil-wakil rakyat.

Citizen6, Semarang Pemilu merupakan sebuah ajang besar untuk kita memilih pemimpin-pemimpin negeri dan wakil-wakil rakyat yang nanti nya akan menduduki kursi pmerintahan dalam satu periode mendatang. Mungkin, karena ajang besar inilah pemilu menjadi kajian yang sangat menarik untuk dibahas, mulai dari para politisi negeri sampai pada para mahasiswa mengkaji ajang "pemilu" ini dalam berbagai kegiatan.

Bagi saya pribadi, pemilu selain sebagai ajang pemilihan para pejabat negara juga sebagai hal yang menarik untuk dibahas dan dikaji bersama rekan ataupun dosen. Apalagi pemilu tahun ini yang acapkali dikaitkan dengan media massa, sangat menarik untuk menjadi kajian saya sebagai mahasiswa ilmu komunikasi.

Pertanyaan yang mungkin muncul adalah "Ada apa dengan pemilu tahun ini?". Pemilu tahun ini memang tidak banyak yang berubah dengan pemilu-pemilu sebelumnya dari sisi substansi, yakni menjual "kesejahteraan rakyat". Namun, banyak hal yang berbeda dari sisi kampanye.

Pada pemilu tahun ini, peran media massa dan media sosial benar-benar dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh para calon, yang berarti tidak hanya kampanye lisan dan tulisan (poster atau baliho) saja yang menjadi cara jual dari setiap calon yang mengikuti pemilu.

Untuk pemilu tahun ini dari sisi kampanye, soft campaign yang dilakukan melalui media massa ataupun media sosial sangat mudah sekali kita temukan, entah itu di jejaraing sosial Facebook, Twitter,bahkan radio, dan televisi.

Lalu bagaimana fenomena itu dijelaskan? Tergantung pada perspektif dari masing-masing pihak yang mengkaji fenomena ini.

Jadi, sebagai seorang mahasiswa komunikasi pemilu tahun ini benar-benar akan menjadi bahasan dan kajian yang sangat menarik, terkhusus pada fenomena soft campaign yang kita merajalela "di ruang publik". Dengan tidak mengesampingkan esensi dari pemilu itu sendiri, yakni untuk memilih para pemimpin negeri ini. (Mar)

Penulis
Syaiful Millah
Twitter : @syaifulmillah1
Semarang, millahsyaixxx@gmail.com

Baca juga:
[Arti Pemilu] Mewujudkan Kedaulatan Rakyat
[Arti Pemilu] Jembatan Emas Menuju Rakyat Sejahtera
[Arti Pemilu] Usaha Mempengaruhi Rakyat Secara Persuasif

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai Rabu 19 Maret 2014 sampai dengan 3 April 2014, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Apa Arti Pemilu Buatmu". Ada hadiah utama LinkSys Smart Wi-Fi Router untuk satu pemenang dan merchandise spesial untuk 5 tulisan terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini