Sukses

3.074 Bom Air untuk Padamkan 5 Titik Api di Riau

Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Terpadu Penanggulangan Bencana Asap Riau melakukan 3.074 kali Bom Air di lahan terbakar Riau.

Citizen6, Pekanbaru Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Terpadu Penanggulangan Bencana Asap Riau melakukan 3.074 kali Bom Air (Water Bombing) untuk memadamkan api dan asap di hutan serta lahan terbakar yang tersebar di Provinsi Riau dengan menggunakan 8 unit Helikopter TNI AU.

Berdasarkan hasil pantauan satelit NOAA masih terdapat 5 hotspot yang berada di daerah Siak, Bengkalis dan Rohil, sedangkan 45  titik api yang masih menyala dan menyebar ada di daerah Dumai, Bengkalis, Meranti, Siak, dan Rohil. Dengan kondisi titik api dan asap tersebut, Prajurit TNI berhasil memadamkannya, pada Selasa 25 Maret 2014.
 
Selain itu, Tekhnologi Modifikasi Cuaca (TMC) terus dilaksanakan dengan menggunakan pesawat Hercules C-130. Sedangkan penyemaian awan dengan menaburkan 3 ton NaCl (garam) terus dilaksanakan di wilayah udara Kabupaten Rohil, Dumai dan Siak dengan menggunakan pesawat Cassa  PK-TLE.


 
Modifikasi cuaca ini terus dilaksanakan dengan tujuan agar awan-awan yang disemai menghasilkan hujan buatan, sehingga berdampak positif terhadap kualitas udara menuju kategori baik. Kegiatan modifikasi Water Bombing dan TMC tersebut memudahkan bagi prajurit TNI  untuk memadamkan sisa-sisa titik api dan asap.
 
Selain bertugas dalam pemadaman api dan asap di siang hari, prajurit TNI pada malam hari juga melaksanakan patroli di wilayah Riau. Kegiatan patroli dilakukan karena ada indikasi oknum masyarakat yang sengaja membakar lahan pada malam hari, karena setelah dipadamkan pada siang hari, keesokannya timbul lagi titik api maupun asap.
 
Tugas para prajurit TNI untuk memadamkan titik api dan asap di Provinsi Riau, dilakukan dengan semangat tinggi. Semangat tersebut didasari dengan jiwa yang tulus, berani, jujur dan ikhlas dengan prinsip berbuat yang terbaik bagi bangsa dan Negara. (mar)

Penulis
Badarudin Bakri
Pekanbaru, badarpusxxx@yahoo.com

Baca juga:
Duka Tweeps untuk Korban Malaysia Airlines MH370
Layar Tancap di Mafi Fest, Rayakan Hari Film Nasional
Bandung Berkebun: Menghijaukan Bandung Sebagai Gaya Hidup

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai Rabu 19 Maret 2014 sampai dengan 3 April 2014, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Apa Arti Pemilu Buatmu". Ada hadiah utama LinkSys Smart Wi-Fi Router untuk satu pemenang dan merchandise spesial untuk 5 tulisan terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.