Sukses

SLB Anugerah, Sekolah Gratis untuk Penyandang Autis

citizen6, Solo 2 April Perserikatan Bangsa Bangsa menetapkan sebagai hari peduli penyandang Autis. Sekolah Luar Biasa Anugerah yang berada di pinggir kota Solo Jawa tengah merayakannya dengan berkeliling kota dan berkunjung ke Polresta Surakarta.

Menurut salah satu gurunya, Eko Setyoasih tujuan kegiatan ini adalah untuk mengenalkan profesi polisi kepada anak-anak berkebutuhan khusus ini. Selain itu tentu saja mereka berkeliling kota Solo agar lebih mengenal kota dan budayanya.

Mereka sangat senang dengan kegiatan ini. Anak-anak yang berjumlah 32 siswa ini melakukan kegiatan ini hanya bersama para gurunya. Mereka tak perlu didampingi orang tua.

“Saya senang, karena anak-anak mengalami perkembangan yang sangat pesat, sudah bisa mandiri,” kata Eko Setyoasih, guru sekaligus founder Sekolah Luar Biasa Anugerah.

Sekolah Luar Biasa (SLB) Anugerah, saat ini menampung  30 siswa berkebutuhan khusus. Sebanyak 20 siswa menyandang autis dan 10 siswa menyandang tuna daksa, tuna rungu dan tuna wicara.

Menurut Eko Setyoasih, sekolah yang berada di desa  Kepoh, Tohudan, Colomadu, Karang Anyar, Jawa Tengah  ini berdiri karena ingin menampung anak-anak berkebutuhan khusus yang tak mampu belajar di sekolah SLB yang berbayar.  Karena keinginan untuk membantu itu, Bu Eko mendirikan sekolah ini.

Sekolah berkebutuhan khusus  ini gratis. Para siswanya tidak perlu membayar sepeser pun. Siswa-siswa itu tidak saja berasal dari wilayah Karang Anyar, namun juga kota-kota kecil di sekitarnya. Misalnya dari Klaten, Wonogiri, Colomadu dan sekitarnya. “Mereka yang datang ke sini biasanya mereka telah ditolak di sekolah dasar. Untuk masuk ke SLB mereka tidak mampu membayar,” tambahnya.

Kegiatan belajar mengjajar Sekolah Anugerah ini sekarang ini menempati rumah pribadi Eko Setyoasih. Untuk biaya operasional sekolah ini, Bu Eko, panggilan akrabnya, hanya mengandalkan para donator belaka. Para gurunya yang berjumlah enam orang pun memperoleh honor tiap bulan dengan jumlah yang tidak tetap.

Namun Bu Eko tidak menyerah, niat baik pasti akan selalu mendapatkan jalannya.

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai Rabu 19 Maret 2014 sampai dengan 3 April 2014, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Apa Arti Pemilu Buatmu". Ada hadiah utama LinkSys Smart Wi-Fi Router untuk satu pemenang dan merchandise spesial untuk 5 tulisan terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.