Sukses

Yang Cinta Laut, Wajib Perhatikan 4 Hal Ini!

Indonesia memiliki keaneragaman hayati dan ekosistem laut paling tinggi sekaligus paling rentan di dunia.

Citizen6, Jakarta Indonesia merupakan negara maritime dengan luas lautan mencapai 5,8 juta km2 yang terdiri dari perairan teritorial, perairan laut 12 mil dan perairan ZEE Indonesia.

Indonesia juga memiliki keaneragaman hayati dan ekosistem laut paling tinggi sekaligus paling rentan di dunia. Di Indonesia terdapat 8.500 spesies ikan, 555 spesies rumput laut dan 950 spesies biota terumbu karang yang harus dilindungi agar tidak punah, dikutip dari Kementrian Kelautan dan Perikanan. 

Laut di Indonesia menjadi sangat rapuh dan rentan kelestariannya yang disebabkan oleh banyak faktor, terutama faktor manusia yang tidak menjaga dan melestarikannya dengan baik.

Nah, berikut 4 hal dilansir dari greenpeace yang bisa Anda lakukan untuk menjaga laut dan spesiesnya:

1. Bijak memilih makanan laut.

Hindari membeli makanan laut yang berasal dari stok yang menggunakan metode penangkapan ikan yang merusak dan berlebihan (overfishing). Jika membeli ikan di kaleng cek apakah ada tanda “Pole and Line” atau “Hand-Caught”. Suarakan kepedulian kamu ketika melihat spesies yang terancam dalam daftar menu di rumah makan.

2. Laut Bebas Sampah

Sampah, terutama plastik, berdampak buruk bagi para penghuni laut. Penyu dan ikan-ikan seringkali menyantap kantong plastik yang mengapung di laut karena menyerupai ubur-ubur. Partikel plastik yang terurai di lautan terakumulasi pada tubuh ikan dan pada akhirnya membahayakan kesehatan kita saat ikan tersebut kita konsumsi. Jaga laut dari sampah plastik.

3. Menjadi Pelancong yang lebih bijaksana dan bertanggung jawab

Untuk tujuan perjalanan melepas penatmu pilihlah tempat-tempat dan negara-negara yang mendukung penyelamatan cagar alam laut. Selalu mulai dengan riset tempat tujuan wisata laut yang paling bersahabat dengan alam (eco-friendly) dan imbangi jejak karbon kamu dengan mendukung proyek-proyek energi bersih. Hindari membeli perhiasan dari karang, aksesoris rambut dari kulit penyu dan produk-produk yang berasal dari satwa langka dan dilindungi.

4. Jadilah Pembela Lautan

Dapatkan lebih banyak informasi tentang laut, kehidupan laut dan kebutuhan untuk Cagar Alam laut lalu bagikan informasi ini kepada teman-teman dan kerbata kamu. Dengan ini kamu sudah membantu memberikan edukasi dan menjadi inspirasi untuk melindungi laut.

Jadi, ini bukan hal yang sulit kan. Masikah Anda peduli dengan laut?

Penulis:

Yulia Yulee

Baca juga:

Masyarakat Peringati Hari Peduli Autis Sedunia

Yuk! Selamatkan Populasi Penyu Belimbing

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini