Sukses

Uji Komprehensif MP ASMI Santa Maria Jogja

Uji komprehensif ini merupakan implementasi mata kuliah Bisnis Plan yang bertujuan mewujudkan mahasiswa prodi MP ASMI Santa Maria.

Citizen6, Jakarta Sebanyak 28 mahasiswa semester VI Prodi Manajemen Perusahaan (MP) ASMI Santa Maria Yogyakarta diuji dalam Uji Komprehensif pada Kamis (10/4/2014) di ruang Base 1, 2 dan 3. Acara ini diuji oleh tim penguji dari para dosen prodi Manajemen Perusahaan, yang terdiri dari Dra. MA Susi Hermawanti, MM, B. Budiningsih SPd, MM, Indri Erkaningrum F, SE, M.Si, Drs. G. Jarot Windarto MM, Edwin Sanusi, SE, M.Si, Drs. PC. Bambang Herimanto, MM dan Petrus Sutono SE, MM.

Uji komprehensif ini merupakan implementasi mata kuliah Bisnis Plan yang bertujuan mewujudkan mahasiswa prodi MP ASMI Santa Maria menjadi professional middle manager, yang mempunyai kompetensi di bidang manajerial keuangan, manajerial pemasaran, manajerial sumber daya manusia dan manajerial operasional.

Dalam ujian ini, mahasiswa harus mempresentasikan dan memamerkan hasil karya inovatifnya. Pada umumnya mahasiswa menyajikan hasil karya berupa makanan, diantaranya puding umbi ungu, tongseng kerang, kembang goyang dan rujak lotis es krim reggae. Namun ada juga yang menyampaikan bisnis plan berupa rencana membuat sebuah distro.

Materi lisan yang diujikan dari para dosen kepada mahasiswa antara lain ringkasan eksekutif, gambaran umum perusahaan, strategi pemasaran, analisis persaingan, rencana desain dan pengembangan, rencana operasi dan manajemen serta analisis rencana keuangan. Sedangkan untuk materi pameran produk terdiri dari sampel produk, brosur untuk investor, stand pameran karya inovasi, penjelasan tanya jawab serta penampilan mahasiswa. Setiap mahasiswa diberi kesempatan 45 menit untuk memaparkan hasil karyanya serta menjawab pertanyaan dari para dosen penguji.

Kendala yang sering ditemui mahasiswa dalam menciptakan produk inovatifnya adalah mencari ciri khas produk yang akan dibuat agar tidak sama dengan produk sejenis yang telah ada di pasaran. Di akhir uji komprehensif, seluruh produk dipamerkan dan dinilai oleh dosen penguji.

Penulis:

Elisabeth Sutriningsih

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini