Sukses

ASMI Santa Maria Jogja Adakan Seminar Di SMK N 2 Magelang

Pendidikan tinggi vokasi Akademi Sekretari dan Manajemen Marsudirini (ASMI) Santa Maria Yogyakarta mengadakan seminar

Citizen6, Jakarta Pendidikan tinggi vokasi Akademi Sekretari dan Manajemen Marsudirini (ASMI) Santa Maria Yogyakarta mengadakan seminar pada Sabtu (26/4) . Seminar sekaligus memperingati Hari Sekretaris Internasional ini memilih tema “Peran Sekretaris Bagi Tercapainya Pekerjaan Kantor Yang Efisien”. Acara ini terselenggara berkat kerjasama pihak SMK N 2 Magelang dengan ASMI.


Seminar tersebut dihadiri sekitar 100 peserta. Acara ini dibuka dengan sambutan perwakilan dari dinas pendidikan kota Magelang, Asturi MPd. Dalam sambutannya dia mengungkapkan rasa terimakasihnya terhadap ASMI Santa Maria dengan adanya kegiatan seperti seminar tersebut di Kota Magelang karena kerjasama semacam ini sangat dibutuhkan dalam akreditasi sekolah. “Mudah-mudahan ilmu yang diterima dalam seminar ini dapat bermanfaat bagi seluruh peserta dan harapannya nanti semakin banyak siswa yang tertarik untuk kuliah di ASMI Santa Maria” katanya.

Sedangkan Direktur ASMI Santa Maria, Maria Clarentine OSF MM mengatakan seminar ini bertujuan menyadarkan kembali pentingnya peranan seorang sekretaris didalam sebuah perusahaan. Di era modern ini seorang sekretaris tidak hanya harus menguasai teknologi komunikasi melainkan juga harus mempunyai kepribadian berkarakter unggul yang tercermin melalui perilaku sehari-hari dan memiliki ketekunan kerja.

“Gemerlap dunia yang dapat memikat siapa saja harus diimbangi dengan pendidikan karakter yang baik agar tidak menghancurkan dirinya sendiri” katanya.

Sambutan dari pihak tuan rumah disampaikan langsung oleh Kepala SMK N 2 Magelang, Mila Yustiana SPd, MPar. Dia mengemukakan bahwa seminar semacam ini sangat bermanfaat bagi siswa-siswanya untuk menambah pengetahuan dan wawasan.

Apalagi sekolah tersebut telah banyak mengantongi berbagai prestasi, diantaranya Juara I Kontes Sekretaris di Yogyakarta, lalu pada tanggal Mei mendatang akan mengikuti kompetisi akuntansi berskala nasional di Bali, dan Juni akan mengirimkan siswanya ke Thailand dalam rangka pertukaran pelajar internasional.

Untuk membekali peserta, panitia seminar mengundang narasumber dari praktisi Sekretaris Direktur sekolah Vokasi UGM Yogyakarta Monika Ruth Mahasari, Ketua Ikatan Sekretaris dan Administratif Profesional cabang Yogyakarta C. Ratih Setyowati yang membagikan pengalamannya selama terjun didunia kerja.

Menurut Monika Ruth, seorang sekretaris mempunyai peran yang penting dalam membantu tugas seorang pimpinan agar dapat berjalan lancar, misalnya pelanjut tugas dari pimpinan kepada karyawan dan sebagai penunjang dalam keberhasilan pekerjaan dan cerminan bagi perusahaan.

Sedangkan berdasarkan fungsinya sekretaris mempunyai fungsi primer seperti memberikan jasa atau pelayanan penunjang kegiatan operasional seperti korespondensi,arsip, penanganan telepon dan lain-lain.

Sedangkan fungsi sekunder meliputi berbagai aktivitas yang menjaminkelancaran kegiatan organisasi dengan memanfaatkan pengetahuan, bahkan sekretaris bisa katakan sebagai tangan kanan pimpinan.

Sebagai seorang Ketua Ikatan Sekretaris cabang Yogyakarta, Cecilia Ratih mengatakan pentingnya profesionalitas kerja dan pentingnya membangun citra positif seperti percaya diri, menganggap orang lain adalah partner dan selalu mempunyai keinginan untuk belajar dalam presentasinya yang mengambil tema Citra Positif Sekretaris Berasis Kinerja.

Penulis:

Elisabeth Sutriningsih/Mahasiswa Public Relations ASMI Santa Maria Yogyakarta)

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini