Sukses

Sehari Tanpa Internet, Mungkinkah?

Tanpa disadari, internet menjadi kebutuhan pokok bagi kebanyakan orang pada zaman sekarang.

Citizen6, Jakarta Tanpa disadari, internet menjadi kebutuhan pokok bagi kebanyakan orang pada zaman sekarang. Mulai dari mencari informasi, menonton video atau film, hingga berkomunikasi pun tak lepas dari penggunaan internet. Rasanya tak aneh, apabila melihat seseorang atau bahkan saya sendiri menjadi “hampa” dan tidak tahu apa yang harus dilakukan, apabila tidak dapat mengakses internet walaupun hanya dalam sehari.

Kecanduan saya pada internet bermula pada era social media Friendster dan juga game online yang sedang booming pada sekitar tahun 2007. Pada saat itu, masih belum banyak orang yang memiliki akses internet sendiri di rumahnya. Oleh karena itu warnet atau warung internet sangat ramai oleh pengunjung. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa pun rela mengantri untuk mendapat tempat. Saya sendiri bisa menghabiskan waktu minimal dua jam untuk main di warnet bersama teman-teman, bahkan kami bisa main seharian apabila sedang hari libur. Penggunaan internet pun mulai menjadi rutinitas bagi saya, meskipun hanya untuk berkomunikasi kepada teman melalui Friendster.

Saat era gadget smartphone hadir di Indonesia, semua orang dapat mengakses internet hanya dalam hitungan detik, tanpa harus pergi ke warnet atau membuka komputer terlebih dahulu. Pemandangan sekelompok orang yang sibuk bermain smartphone nya pun menjadi lumrah, karena semua informasi atau apapun yang dibutuhkan bisa kita dapatkan seketika.

Pandangan saya terhadap internet pun berubah. Apabila dahulu saya menggunakan internet hanya untuk mencari hiburan, sekarang internet merupakan kebutuhan yang tidak bisa saya hindari. Internet sangat memberikan kontribusi yang besar bagi manusia agar dapat mengimbangi perkembangan zaman di dunia. Kita tidak perlu menunggu tayangan berita di televisi atau bahkan membeli buku resep masakan di toko buku, karena semuanya sudah tersedia di internet secara cuma-cuma.

Namun, kita juga harus tetap bersikap selektif walaupun internet menawarkan segala kemudahan dalam hidup. Kita harus membatasi waktu dan menghindari hal-hal yang negatif dalam menggunakan internet, agar jangan sampai kita terjebak dalam kesenangan dunia maya. Bagaimana pun juga berinteraksi di dunia nyata lebih penting, oleh karena itu kita harus menyeimbangkan penggunaan antara penggunaan internet di dunia maya dan dunia nyata.

Pengirim:

Gracea Santoso Nyoto
Twitter: @graceaSN


Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya keCitizen6@liputan6.com.

Mulai Selasa, 9 Mei  2014 sampai dengan 25 Mei 2014, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Pengalaman Pertama Berinternet". Ada 2 router DLink (DIR-605L) untuk 2 orang pemenang  dan 4 merchandise ekslusif dari Liputan6. com. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.  Program menulis bertopik kali ini disupport oleh @DlinkID

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini