Sukses

Mencari Bibit Unggul via Lomba MAPEL di SD Islam Darul Falah

Hari ini, Selasa, 27 Mei 2014 Sekolah Dasar Islam Darul Falah mengadakan lomba MAPEL tingkat sekolah.

Citizen6, Jakarta Hari ini, Selasa, 27 Mei 2014 Sekolah Dasar Islam Darul Falah mengadakan lomba MAPEL tingkat sekolah. Sekolah Dasar Islam Darul Falah merupakan salah satu sekolah dasar di Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah yang aktif mengikuti lomba mata pelajaran baik di tingkat kecamatan maupun tingkat kabupaten.

Selain untuk memberikan motivasi kepada para siswa agar tekun belajar dalam menghadapi Ujian Kenaikan Kelas (UKK) mendatang, kegiatan lomba MAPEL kali ini bertujuan untuk mencari bibit-bibit unggul pada siswa kelas 1 sampai dengan kelas 5 dalam bidang tertentu. Mereka nantinya akan direkomendasikan untuk aktif mengikuti perlombaan yang diadakan di tingkat kecamatan atau kabupaten.

Kegiatan ini diikuti oleh peserta didik kelas 1 sampai dengan kelas 5 SD Islam Daul Falah yang berjumlah 145 anak, dengan rincian sebanyak 77 siswa putra dan  68 siswa putri. Menempati  ruang kelas masing-masing serta diawasi oleh guru kelas mereka kegiatan ini berjalan lancar.

Perlombaan diadakan mulai pukul 07.30 – 09.30 WIB. Setelah di seleksi oleh korektor, diambil juara 1, 2 dan 3 untuk masing-masing kelas.

Bertempat di halaman sekolah, pengumuman para juara dilaksanakan pada pukul 10.30 WIB yang dibacakan oleh Ahmad Yasir. Para peserta menunggu pengumuman pemenang lomba dengan penuh perhatian. Mereka tidak menghiraukan terik matahari yang mengenai mereka.

Masing-masing juara mendapatkan piala dan piagam penghargaan yang diberikan oleh kepala sekolah dan ketua panitia.
Salsabila Nadzifa Khurrocman menyampaikan kunci suksesnya menghadapi lomba MAPEL kali ini, “Belajar tekun, berdoa dan tetap optimis, agar dimudahkan mengerjakan ketika perlombaan.” katanya. Dengan ketekunannya dalam belajar ia pun keluar sebagai juara peringkat ke tiga di kelas 5.

Musa Abdurrahman, salah satu juara peringkat 3 tingkat kelas 1 mengatakan, “aku tidak mau menerima piala karena malu dilihat banyak orang.” ungkapnya polos. Namun setelah dibujuk akhirnya  ia mau menerima piala tersebut meski dengan wajah malu-malu.

Menurut ketua penitia, Yeni Winarsih, mengatakan “Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan sikap rasa ingin tahu peserta didik sehingga dapat memperluas pengetahuan mereka, serta memberikan  pengalaman melalui kompetisi akademik kepada para siswa.” Jelas Yeni.


Kepala Sekolah Ahmad Soleh Nugraha Atmaja, mengatakan “Dengan diadakannya lomba MAPEL ini, diharapkan akan menjadi kompetisi positif sehingga para siswa akan terpacu untuk terus berprestasi.” ungkap Soleh, sapaan akrabnya.


Penulis: Annisa Rahayu (Guru SD Islam Darul Falah Tambak Banyumas)
Twit : @anish_anisah

Disclaimer:
 

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.