Sukses

Yuk, Cari Tahu Jenis Kulit Wajah Anda dan Cara Perawatannya

Cara merawat wajah harus disesuaikan dengan jenis kulit Anda

Citizen6, Jakarta Wajah merupakan salah satu bagian tubuh terpenting karena yang pertama kali orang lihat adalah wajah. Wajah yang bercahaya, wajah yang putih, wajah yang kencang, wajah yang bersih tanpa jerawat dan tidak berminyak merupakan wajah yang diidamkan semua orang baik perempuan maupun pria.

Namun, karena kesibukan pekerjaan terkadang membuat Anda lupa dan malas untuk merawat wajah. Untuk mendapatkan kembali kulit yang sempurna, dapat dicapai dengan perawatan. Cara merawat wajah harus disesuaikan dengan jenis kulit Anda karena jika tidak, Anda tidak akan mendapat kulit wajah yang sempurna.

Berikut adalah jenis kulit wajah dan perawatannya menurut Dr. Avellini Salim :

Kulit normal memiliki pori-pori yang kecil, serta memiliki kadar minyak dan air yang seimbang. Untuk perawatan, bersihkan wajah dengan cleanser yang sifatnya soap-free. Bisa juga dengan produk pembersih yang pH-nya netral.

Kulit kering tidak selalu terlihat kering, biasanya sedikit bersisik dan bila diperhatikan tone warna di beberapa area lebih gelap dibandingkan kulit lainnya serta mudah terjadi iritasi. Penyebabnya adalah paparan penyejuk udara di kantor dan mobil yang terus-menerus, atau jarang minum air putih. Untuk pembersih, lebih baik hindari pembersih jenis foam atau busa karena kandungannya cenderung mudah membuat kulit jadi kering. Lebih baik pilih jenis cleanser yang lebih lembut (creamy). Untuk perawatan sehari-hari, gunakan moisturizer agar kelembaban kulit terjaga untuk mencegah penuaan dini. 

Kulit berminyak biasanya memiliki pori-pori yang besar. Untuk pembersih, carilah pembersih khusus untuk kulit berjerawat. Pastikan juga pembersih ini dapat membantu mengikis kulit mati dan membantu menurunkan kadar minyak pada kulit. Hindari pembersih berbentuk sabun batangan dan yang mengandung parfum.

Sebenarnya, kulit berminyak, normal ataupun kering, saat wajah kotor boleh menggunakan pembersih mengandung minyak. Pembersih mengandung minyak tidak mengakibatkan kulit terasa kesat, dan tidak iritatif. Sedangkan pembersih yang tidak mengandung minyak (jel, foam)  umumnya membersihkan segala kotoran sehingga menyebabkan kulit terasa lebih kesat dan terasa lebih segar, sehingga pada pemakaian berlebihan dapat membuat wajah semakin kering dan iritasi. Ini lebih sering dialami pada orang dengan kulit normal dan terutama kering.

Kulit sensitif cenderung dapat menjadi berminyak ataupun kering, kulit yang sensitif ini mudah sekali mengalami masalah bila menggunakan produk yang salah. Sebaiknya, pilih pembersih yang memiliki kandungan bahan-bahan alami, sehingga tidak menimbulkan reaksi sensitif pada kulit.

Untuk Perawatan sehari-hari anda dapat melakukan cara-cara berikut ini :

Bersihkan wajah pada pagi hari setelah bangun tidur dan malam hari sebelum tidur. Ketika berolahraga dan mengeluarkan banyak keringat, jangan lupa untuk membersihkan wajah sesegera mungkin setelah melakukan olahraga.

Melakukan cara membersihkan wajah dengan benar secara tidak langsung dapat mencegah timbulnya iritasi kulit dan tidak memperparah jerawat. Setiap kali membersihkan wajah, ambil sabun pembersih secukupnya di telapak tangan, kemudian gosok dengan perlahan lalu bilas dengan air hangat suam-suam kuku. Setelah membilas wajah, keringkan secara lembut dengan tissu.

Menggunakan tabir surya sangat penting untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV yang bisa merusak kulit. Jangan terlalu lama berada di luar ruangan dan terpapar sinar matahari terutama pada kisaran waktu sekitar jam 10 pagi hingga jam 2 siang. Gunakan tabir surya sekitar 30 menit sebelum terpapar matahari. 

Demikian cara-cara yang dapat dilakukan dalam merawat kulit wajah Anda sesuai dengan jenis kulit wajah Anda. Semoga bermanfaat bagi Anda dan dapat membantu Anda dalam merawat kulit wajah Anda.

Penulis:

Michelle

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.  

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini