Sukses

Libatkan Semua Elemen Pendidikan Demi Wujudkan Generasi Emas

Wujudkan generasi emas tahun 2029 harus libatkan semua instrumen yaang terkait dengan dunia pendidikan.

Citizen6, Jakarta Untuk mewujudkan Generasi Indonesia Emas ditahun 2029, keterlibatan lebih dari semua instrumen yang terkait dengan dunia pendidikan mutlak sangat diperlukan. Instrumen-instrumen yang sangat menentukan dalam mewujudkan komitmen tersebut diantaranya adalah sekolah, para siswa, dewan guru, komite sekolah, orangtua siswa, lingkungan sekolah, masyarakat, serta pemerintah.

Hal tersebut di tegaskan Kepala sekolah SMP 4 Martapura Muhammad Arsyad saat melepas dan mengukuhkan 2013 orang siswa dan siswi SMP 4 Martapura kelas IX tahun pelajaran 2013/2014 yang telah menyelesaikan Ujian Nasional. 

Menurut Muhammad Arsyad, cita-cita mulia guna mewujudkan Generasi Indonesia Emas ditahun 2029 didasari dengan adanya perubahan situasi dan kondisi kedepan, dimana pada tahun-tahun akan datang perkembangan peradaban akan semakin canggih dan maju.

Dengan demikian, untuk mengimbangi semua itu, setiap lembaga pendidikan disemua tingkatan harus mampu mempersiapkan semua anak didiknya guna mengahadapi kemajuan zaman tersebut, tidak terkecuali dengan SMP 4 Martapura yang saat ini telah banyak melakukan trobosan dan inovasi yang berbasis penguatan dan peningkatan kemampuan peserta didiknya agar kedepan mereka mampu mengimbangi kemajuan zaman tersebut.

Disamping itu, Muhammad Arsyad juga mengemukakan, saat ini SMP 4 Martapura juga memadukan pendidikan yang berbasis Kurikulum Nasional dengan pendidikan yang berbasis lingkungan, dimana dengan pemaduan dua komponen tersebut diharapkan para peserta didik akan menguasai dua kemampuan, yakni ilmu pengetahuan secara akademis, serta kemampuan menjaga dan melestarikan alam dan lingkungan sebagi tempat tinggal.

Sementara itu, Ketua Komite Sekolah SMP 4 Martapura Rahmaddin dalam kesempatan tersebut juga mengingatkan, saat ini SMP 4 Martapura adalah lembaga pendidikan yang dinilai sebagai lembaga yang berhasil memadukan beberapa instrumen pendidikan dalam rangka peningkatan penyelenggaraan pendidikan.

Keberhasilan tersebut telah dibuktikan dengan ditetapkannya SMP 4 Martapura sebagai Peraih penghargaan Adi Wiyata Nasional yang diberikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudoyono di Istana Negara Jakarta beberapa waktu yang lalu.
Tentunya komitmen dan keberhasilan tersebut harus terus dijaga, dan ditingkatkan serta dapat ditularkan kepada lembaga-lembaga pendidikan lainnya yang ada di Kabupaten Banjar.

Pengirim:

Humas Banjar

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.