Sukses

6 Menu Enak Khas Cirebon yang Harus Dicoba

Cirebon, selain terkenal dengan batiknya yang bermotif awan, kota di pesisir pantai pulau Jawa ini juga menyimpan banyak makanan khas yang l

Citizen6, Jakarta Cirebon, selain terkenal dengan batiknya yang bermotif awan, kota di pesisir pantai pulau Jawa ini juga menyimpan banyak makanan khas yang layak dicoba. Bila anda berkunjung ke kota wali ini, sempatkan untuk mencicipi makanan dan minuman khas yang dimiliki kota perbatasan Jawa Barat dan Timur ini.

Dan berikut makanan dan minuman yang wajib anda cicipi jika berkunjung ke kota Cirebon.

 

  1. Empal Gentong

Empal gentong adalah makanan sejenis soto daging dengan kuah kuning yang dicampur santan. Empal gentong biasa di sajikan dengan taburan daun bawang segar dan nasi. Cabai yang digunakan untuk makanan I I adalah cabai bubuk.

 

  1. Empal Asam

Anda penyuka makanan asam? Anda wajib mencoba versi lain dari emapl gentong ini. Empal asam adalah makanan serupa dengan empal gentong, yang membedakan hanya kuahnya. Jika empal gentong menggunakan kuah santan, empal asam menggunakan kuah bening. Kuah bening tersebut didapat dari rebusan daging sapi dengan belimbing wuluh. Makanan biasa ini di sajikan dengan nasi dan taburan tomat segar.

 

  1. Tahu Gejrot

Tahu gejrot mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan makanan ini.  Tahu gejrot adalah kuliner khas Cirebon yang paling mudah di jumpai. Tahu gejorot adalah tahu yang di siram sengan kuah cuka yang telah di campur oleh bawang putih, bawang merah, gula jawa dan garam yang di haluskan. Kita juga dapat memilih tingkat kepedasan dari tahu gejrot dengan cara menambahkan cabai rawit yang di hancurkan ke dalam campuran kuah cuka.

 

  1. Nasi Lengko

Nasi lengko adalah makanan khas Cirebon. Seperti namanya, nasi jamblang adalah nasi yang disajikan dengan mentimun yang diiris dan tempe yang di bubuhi bumbu kacang serta di beri kecap manis di atasnya. Satai kambing muda atau satai sapi dianggap pendaping yang pas untuk menyantap nasi jamblang.

 

  1. Es Kelapa Kopyor

Es kelapa kopyor adalah minuman khas Cirebon, yang mana berisikan kelapa kopyor yang dicampur dengan sirup berwarna merah muda khas Cirebon. Minuman ini sangat pas untuk melepas dhaga di tengah teriknya kota Cirebon.

 

  1. Nasi Jamblang

Nasi Jamblang atau sego jamblang, adalah kuliner khas Cirebon. Seperti namanya, sego yang berarti nasi, makanan ini menggunakan nasi sebagai bahan dasarnya. Kemudian nasi tersebut disajikan dengan di bungkus daun jati. Untuk lauknya, anda dapat memilih sendiri sesuai selera anda.

Pengirim:

Esther Karolina

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.