Sukses

Ayo Nonton Festival Teater Tradisional di GKJ

Teater Tradisional adalah salah satu potensi seni pertunjukan rakyat Indonesia yang saat ini berada dalam kondisi surut.

Citizen6, Jakarta Apa yang ada dalam benak anda ketika mendengar kata teater tradisional? Anda salah jika sebuah teater tradisional itu adalah hal yang membosankan dan berbentuk seperti lenong dan ludruk.

Sebuah teater bukanlah hanya sekedar lenong dan juga ludruk. Teater Tradisional adalah salah satu potensi seni pertunjukan rakyat Indonesia yang saat ini berada dalam kondisi surut karena perubahan gaya hidup dan kebutuhan masyarakat yang berubah cepat.

Bahkan diantaranya hanya tinggal nama atau telah musnah sama sekali karena ditinggalkan senimannya sendiri dan penontonnya. Realitas menunjukkan saat ini terutama generasi muda Indonesia semakin akarab dengan berbagai bentuk kesenian baru yang dapat dianggap kurang mencerminkan karakter bangsa. Padahal pemahaman karakter bangsa salah satunya terdapat di dalam Teater Tradisional Indonesia.

Teater Tradisional Indonesia dapat diwariskan melalui cara-cara yang tersistem, diantaranya melalui sebuah festival. Sebagai salah satu upaya dalam melestarikan Seni Teater Tradisional Indonesia, Direktorat Pembinaan Kesenian dan Perfilman, Direktorat Jenderal Kebudayaan mengadakan Festival Nasional Teater Tradisional 2014 di Gedung Kesenian Jakarta, pada tanggal 14 – 17 Juni 2014.

Dalam kegiatan ini, anda juga dapat melihat sejumlah karya seni anak bangsa dari 34 propinsi di Indonesia yang dipertunjukan dalam teater. Selain Kegiatan ini diselenggarakan untuk mencari bakat yang potensial di bidang seni teater khususnya teater tradisional. Hasil dari kegiatan tersebut diharapkan dapat menjadi ukuran atau puncak prestasi sekaligus sebagai standarisasi bidang seni teater di kalangan generasi muda Indonesia saat ini.

Masih berpikir bahwa teater merupakan tradisi seperti ludruk dan lenong? Cobalah datang, untuk melihat kehebatan anak bangsa ini di dalam kesenian teater tradisional. Pertunjukan ini untuk umum dan gratis. Setiap harinya mementaskan rata-rata 7-8 cerita dari berbagai propinsi di Indonesia

Penulis:

Stanly Surya

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini