Sukses

Melihat Lebih Dekat Fansite Artis KPOP

Banyak fansite juga dibentuk oleh murid murid internasional yang sedang bersekolah di Korea.

Citizen6, Jakarta Idola adalah segalanya. Mungkin hal ini yang terpikir bagi para fans yang begitu mencintai artis atau sosok yang menginspirasinya. Mereka, para fans tersebut sanggup melakukan sesuatu yang tak masuk akal bagi orang lain.

Salah satunya adalah dengan membuat sebuah website atau fansite. Di website ini seorang fans membuat katalog kehidupan dari seorang ataupun sekelompok idola melalui gambar-gambar professional berkualitas tinggi.

Dengan peralatan memotret yang bernilai bisa lebih dari puluhan juta, kesabaran, dedikasi, pengetahuan yang amat sangat baik akan jadwal idola, maka terbentuklah suatu Fansite. Tidak harus berbentuk team yang terdiri dari sekumpulan orang, fansite juga bisa berdiri hanya dengan satu individual, atau dengan kata lain, one-man band.

Artikel ini akan menjelaskan mengenai fansite di dunia musik KPOP, suatu budaya yang sangat unik dan lebih spesial dibanding yang lain. Misalnya www.kindly-suho.com sebuah fansite photographer untuk artis EXO.

Fansite Photographer adalah individual yang mengambil foto dengan lensa profesional dari seorang maupun sekelompok idola dari kehidupan sehari-hari mereka di luar layar kaca. Contohnya di konser, bandara, tempat shooting/filming, dan dimanapun idola tersebut bisa ditemukan.

Fansite kebanyakan dibentuk oleh fans perempuan, tetapi juga ada yang laki-laki. Fansite memang mengetahui dengan sangat jelas tempat tinggal, jadwal, kegiatan dan mungkin hampir 100% kehidupan idola, tetapi, tidak seperti penguntit (stalker), fansite menghormati privasi dari para idola dan berusaha mengambil foto yang terbaik tanpa mengganggu kehidupan dan aktivitas para idola.

Bisa dikatakan mengambil foto-foto dari para idola dan memperkuat hubungan fans baik domestik maupun internasional, menjadi kesenangan pribadi mereka. Untuk fans internasional, tanpa adanya Fansite, mereka tidak bisa mengetahui kehidupan para idola di luar layar kaca, apa yang idola mereka kenakan, dan sebagainya.

Foto-foto yang diambil oleh para fansite, menjadi satu-satu jalur terbaik untuk menghubungkan fans dengan idolanya masing masing. Tidak semua perusahaan idola mereka meng-update foto dan video berkualitas tinggi secara rutin.

Bahkan foto-foto yang diambil para fansite bisa lebih bagus dari foto yang disediakan oleh perusahaan idola yang bersangkutan. Contohnya, pada saat girlband terkenal, SNSD, sedang dalam masa istirahat dari broadcasting, airport pun menjadi runway bagi SNSD dan para fansite pun hadir untuk mengambil foto dan menyediakannya ke semua fans di seluruh penjuru dunia. Fansite adalah suata bentuk dedikasi yang sangat besar dan kuat dari para fans untuk idolanya.

Tidak hanya itu, para fansite juga membelikan hadiah-hadiah untuk para idolanya. Dan hadiah-hadiah ini eksklusif dan bisa berbentuk apa saja, mulai dari tas, baju, alat music, dan lain lain yang bermerek. Mereka mendapatkan uang dari sumbangan para fans di dunia.

Sebagian besar foto terbaik yang mereka ambil mereka jadikan photobook dan dijual kepada fans diseluruh dunia. Photobook-photobook ini dijual dengan harga yang cukup mahal, berkisar Rp. 500.000,- sampai 1000.000,-.

Biarpun harganya mahal, photobook-photobook ini laris manis dan memberikan keuntungan bagi para fansite dan juga para fans. Biasanya foto yang dimasukan kedalam photobook adalah foto-foto yang sangat baik dan berisi moment yang indah, tetapi bukan berarti foto yang diberikan cuma-cuma melalui internet oleh para fansite itu tidak bagus, foto-foto ini juga berkualitas tinggi dan menakjubkan.

Kebanyakan fansite juga adalah pencetus dari projek-projek fans yang bisa menyentuh hati para idola dan mempererat hubungan fans dengan idolanya. Contohnya, suatu fansite dengan cuma-cuma membagikan banner bertuliskan “Always Here” kepada seluruh fans yang hadir dalam suatu konser yang biasanya berjumlah 15.000 orang.  Tidak hanya itu, fansite juga menyumbangkan hasil pendapatan mereka untuk korban bencana, panti asuhan, dan sebagainya, jadi tidak 100% hasil uang yang mereka dapatkan mereka gunakan untuk kepentingan pribadi.

Budaya fansite ini sangatlah unik dan spesial dari budaya fans yang ada diluar dunia KPOP. Para fansite adalah orang-orang yang kuat dan berdedikasi tinggi, yang berani bertahan menghadapi chaos yang kerap terjadi di suatu konser, cuaca yang sangat buruk, dan lain-lain, demi mengambil foto yang terbaik dan menyediakannya bagi para fans diseluruh penjuru dunia.

Bagi para pencinta music KPOP maupun bukan, sebelum menikmati indahnya foto-foto yang fansite ambil dari para idola mereka, setidaknya rasakanlah dedikasi dan perasaan yang di investasikan oleh para fans dan fansite dibalik foto tersebut.

Penulis:

Kevin Jonathan Hartanto
Email: kevinjonathanh9@gmail.com

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.  

Mulai 1 Juli sampai dengan 13 Juli Citizen6 mengadakan program menulis bertopik ke-15: Tempat Asyik Buat Ngabuburit berhadiah router dan merchandise cantik. Info detail di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini