Sukses

Ingin Puasa Berjalan Maksimal? Ini Dia Tipsnya!

Sebagai umat yang beriman, kehadiran bulan ramadan disambut dengan perasaan bahagia dan penuh suka cita.

Citizen6, Jakarta Ramadan adalah bulan yang penuh berkah bagi umat islam, di bulan ini seluruh umat muslim menjalankan ibadah puasa satu bulan penuh. Sebagai umat yang beriman, kehadiran bulan ramadan disambut dengan perasaan bahagia dan penuh suka cita. Sebagai bulan yang penuh keberkahan, bulan ampunan, bulan kasih sayang, bulan kesabaran dan bulan pembebasan api neraka.

Tetapi sering kali di dalam menjalankan puasa terdapat sesuatu yang bisa mengganggu jalannya ibadah puasa. Ada beberapa hal yang dapat mengganggu puasa misalnya kekurangan cairan atau dehidrasi yang disebabkan kurangnya cairan yang ada di dalam tubuh.

Diare yang disebabkan mengonsumsi makanan yang tidak tepat pada saat sahur ataupun pada saat berbuka, makanan yang terlalu pedas dan asam menjadi faktor penyebab sakit diare. Sakit maag juga menjadi salah satu yang dapat mengganggu ibadah puasa, keadaan ini dikarenakan perut kosong selama 12 jam lebih, yang dapat menyebabkan asam lambung naik. Maka dari itu ada beberapa tips agar ibadah puasa Anda berjalan dengan maksimal. Berikut lima tipsnya:

Konsumsi Cukup Air

Lebih dari 60% tubuh manusia terdiri dari air. Tanpa mengonsumsi air yang cukup, tubuh kita akan mengalami gangguan, seperti mengalami kekurangan cairan dalam tubuh (dehidrasi). Jadi, untuk menghindari dehidrasi pada saat puasa, minumlah delapan gelas air pada saat sahur dan pada saat berbuka, agar kebutuhan cairan didalam tubuh terpenuhi.

Hindari Makanan Pedas dan Asam

Makanan yang mengandung asam dan pedas jika di konsumsi pada saat sahur dan berbuka dapat menimbulkan penyakit diare pada pencernaan.

Usahakan untuk Sahur

Pada saat menjalankan puasa, perut tidak mendapat asupan selama 12 jam lebih. Hal ini dapat memicu terjadinya gejala penyakit maag. Jadi, jangan sampai melewatkan waktu untuk sahur.

Kurangi Soda dan Kafein

Mengonsumsi soda dan kafein dapat membuat kita tetap terjaga pada malam hari, sehingga kurangnya istirahat pada malam hari dapat membuat kita lesu dan lemas pada saat menjalankan ibadah puasa

Jangan Tunda Berbuka

Setelah seharian berpuasa menahan rasa lapar dan dahaga, mengakibatkan energi kita berkurang. Untuk memulihkan energi kita kembali, konsumsilah makanan yang mengandung karbohidrat sederhana yang terdapat pada makanan manis. Makanan manis mengandung gula yang dapat mengembalikan energi kita yang telah terkuras seharian.

Itulah beberapa tips sederhana yang dapat dijalankan oleh umat muslim agar ibadah puasa di bulan Ramadan yang suci dan penuh berkah ini berjalan dengan maksimal.

Pengirim:

Jesse Alfred Najoan

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.  

Mulai 1 Juli sampai dengan 13 Juli Citizen6 mengadakan program menulis bertopik ke-15: Tempat Asyik Buat Ngabuburit berhadiah router dan merchandise cantik. Info detail di sini 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.