Sukses

Foto Jokowi-Sting Diduga Rekayasa

Perbincangan Pemilihan Umum Pemilu (pemilu) 2014 semakin ramai di sosial media (sosmed) seperti Twitter dan Path.

Citizen6, Jakarta Perbincangan Pemilihan Umum Pemilu (pemilu) 2014 semakin ramai di sosial media (sosmed) seperti Twitter dan Path. Dukungan yang ditujukkan bagi calon presien (capres) pun semakin di perlihatkan para Tweeple melalui ciapannya.

Sejak kemarin Senin, 7 Juli 2014 perbincangan ini semakin heboh dengan munculnya dukungan yang datang dari penyanyi Gordon Matthew Thomas Summer atau lebih dikenal dengan Sting di akun Facebooknya. "Use your rights-every vote counts #Jokowi9Juli (Gunakan hak Anda dalam pemungutan suara # Jokowi9Juli)", tulis Sting di akunnya.

Setelah Sting membuat pernyataan dukungannya untuk capres Jokowi, di timeline sosmed seperti Path, Twitter dan Instagram lalu tersebar foto Jokowi dan Sting sedang berangkulan. Banyak para onliner yang tidak mengetahui benar atau tidaknya foto tersebut. Bahkan foto tersebut membuat penasaran onliner dengan meneliti gambar tersebut untuk mencari fakta kebenarannya. Hasilnya, foto tersebut akhirnya dibedah dan ditemukan bahwa foto tersebut hanya editan yang menggunakan Photoshop. 

Foto yang tampak asli itu  hasil karya seorang photografer bernama Agan Harahap. Kemarin malam ia menggunggah foto Jokowi bersama Sting di akun Instagramnya, memang beberapa orang belum mengenal sosok Agan yang sering membuat editan foto tokoh atau artis yang disesuaikan dengan fenomena sosial yang sedang berlangsung.

Sebelumnya nama Agan terlebih dahulu populer berkat foto para selebriti dunia seperti Paris Hilton, Miley Cyrus, Justin Bieber dan Rihanna yang ia kemas dalam bentuk humor yang banyak disukai onliner. Tidak hanya memantau hasil karya Agan, para onliner juga mempublikasikannya dengan me-repath, mengetwit maupun me-regram. 

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.  

Mulai 1 Juli sampai dengan 13 Juli Citizen6 mengadakan program menulis bertopik ke-15: Tempat Asyik Buat Ngabuburit berhadiah router dan merchandise cantik. Info detail di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini