Sukses

Peninggalan Kerajaan Majapahit Masih Tersisa di Pati

Peninggalan benda sejarah dimasa pemerintahan Kerajaan Majapahit yang terdampar di desa Muktiharjo Rendole Margorejo Pati Jateng.

Citizen6, Jakarta Peninggalan benda sejarah dimasa pemerintahan Kerajaan Majapahit yang terdampar di desa Muktiharjo Rendole Margorejo Pati Jawa Tengah seakan mengingatkan kepada masyarakat Indonesia atas kejayaan dimasanya. Bentuknya yang sangat alami, penuh arsitektur tinggi dengan ukiran yang rapi terpahat di semua bagian kayunya menjadikan keberadaanya semakin mempesona jika dilihat.

Bentuk bangunan berupa gapura dengan dilengkapi daun pintu kayu jati asli pada jamannya tidak memberikan kesan kusam pada pahatannya. Dalam kurun waktu ratusan tahun benda sejarah yang telah dilindungi oleh Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Jawa Tengah dengan pasal 15 UU RI No 5 tahun 1992 tentang Benda Cagar Budaya. Dengan larangan merusak mengambil, memindahkan, mengubah bentuk dan memisahkan dari aslinya tanpa sepengetahuan dari pihak yang berwenang.

Menurut salah satu tokoh desa setempat Santoso yang setiap hari melakukan perawatan dan pembersihan di sekitar lokasi peninggalan sejarah tersebut meminta adanya kepedulian pemerintah daerah, pemerintah propinsi bahkan pusat untuk melihat kenyataan yang ada di lingkungan lokasi pintu gerbang Majapahit. Saya sebenarnya sangat prihatin dengan keberadaan di sekitar bangunan pintu gerbang peninggalan kerajaan Majapahit tanpa adanya dukungan sarana prasarana yang jelas, tungkasnya.

Jika ada kepedulian dari pengelola berkaitan bangunan pendukung yang dilengkapi tempat duduk dan atap untuk istirahat para pengunjung, tentunya akan semakin hidup dan banyak pengunjungnya. Jika perlu sarana bermain untuk anak-anak juga bisa menjadi alternatif sebagai daya tariknya, tambah Santoso.

Pengirim:

Diwa Saktiya

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel, foto atau video seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

Saat ini Citizen6, juga mengajak blogger untuk kolaborasi. Jika punya postingan baru, kirim alamat atau url websitenya ke kami. free.  






* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini