Sukses

Warga Kedungtangkil Lakukan Pengecekan Golongan Darah

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan warga Kedungtangkil tidak kesulitan lagi jika ada warga yang butuh atau ingin mendonorkan darah.

Citizen6, Yogyakarta Program mahasiswa Kuliah Kerja Nyata, Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat Universitas Gadjah Mada 2014 unit KP01 yang berlokasi di Pedukuhan Kedungtangkil, Desa Karangsari, Pengasih, Kulon Progo, Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan pengecekan golongan darah untuk warga masyarakat Kedungtangkil.

Menurut Kamiran, Kepala Dusun Kedungtangkil, di pedukuhan yang dipimpinnya masih banyak warga yang belum mengetahui golongan darahnya, padahal golongan darah sangat penting untuk diketahui karena jika ada warga yang sewaktu-waktu membutuhkan darah dapat segera teratasi.

Kegiatan tersebut mengundang seluruh warga Kedungtangkil terutama yang belum mengetahui golongan darahnya. Program yang diselenggarakan oleh KKN-PPM UGM ini bekerja sama dengan Puskesmas Pengasih II dengan mendatangkan petugas langsung dari puskesmas.


   
“Adanya program ini sangat membantu kami karena output dari kegiatan ini menghasilkan data bank darah warga pedukuhan Kedungtangkil” ujar Sakirin, ketua RT setempat.

Norma Dias Lindaningrum, koordinator acara ini mengungkapkan bahwa acara ini merupakan salah satu program dari klaster kesehatan di unit KP01. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan warga Kedungtangkil tidak kesulitan lagi jika ada warga yang butuh atau ingin mendonorkan darah.

Selain untuk mengetahui golongan darah warga, kegiatan ini juga menghasilkan database golongan darah di pedukuhan Kedungtangkil. Database ini berisi nama, kontak dan alamat yang sewaktu-waktu bisa dihubungi jika ada yang membutuhkan darah.

Penulis:

Hendy Dwi Warmiko (UGM)

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel, foto atau video seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

Saat ini Citizen6, juga mengajak blogger untuk kolaborasi. Jika punya postingan baru, kirim alamat atau url websitenya ke kami. free.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.