Sukses

6 Cara Instan Meningkatkan Harga Diri

Ada enam hal yang bisa Anda lakukan untuk segera meningkatkan suasana hati Anda

Citizen6, Jakarta Bahkan orang yang paling berdedikasi pun memiliki saat-saat ketika mereka tidak bisa merasa baik tentang dirinya.

Ini saat yang sangat mudah untuk jatuh ke dalam ketidakamanan mempertanyakan diri Anda sendiri, harga diri meragukan kemampuan Anda. Pemicunya bisa apa saja. Bagaimana Anda membalikkan sisi negatif yang mulai menghampiri dan mulai menyukai diri Anda lagi?

Berikut adalah enam hal yang bisa Anda lakukan untuk segera meningkatkan suasana hati Anda:

1. Selalu melihat dari sisi positif.

Memang mudah untuk membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Hitunglah suatu berkah yang sudah Anda terima, tulis apa yang telah Anda capai.

Kita selalu mengingat yang negatif dari pada yang positif, jadi cobalah untuk mengubahnya. Catatlah atau tanam sedalam mungkin di pikiran Anda tentang semua pengalaman-pengalaman yang positif, apapun itu.

Di saat kejadian indah terjadi pada diri Anda, tulislah dalam catatan harian Anda. Dan di saat Anda mendapatkan hari yang buruk, baca kembali catatan Anda. Atau, Anda dapat mengenangnya dengan melakukan flash back dengan hati yang tenang, itu akan mengingatkan Anda kembali bahwa ada saat-saat bagus selain yang buruk.

2. Tanyakan buktinya.

Pada umumnya, harga diri merupakan sesuatu yang penting. Namun saat kita mengalami pengalaman negatif, banyak diantara kita yang dapat merasa baikan hanya karena bertanya pada diri sendiri, "Apa bukti dari semua ini?"

Contohnya, jika Anda berpikir "Tidak ada seseorang yang mencintai saya", maka tanyakan pada diri Anda sendiri, "Di mana buktinya?"

Perasaan negatif menekan dari pikiran negatif, jadi tanyakan keakuratan dari pikiran tersebut.

3. Dapatkan sisi baik diri Anda.

Ingat-ingat kembali beberapa hal yang Anda sukai dari diri Anda sendiri. Sederhana, namun efektif sebagai pengingat akan sisi baik dari diri Anda.

4. Keluarlah.

Berbicara pada teman atau keluarga, terkadang pandangan orang luar dapat meningkatkan mood kita dan mengembalikan kita ke arah yang tepat.

5. Perhatikan diri Anda.

Makan buah yang segar, pergi jalan-jalan, menikmati malam, atau sejenisnya. Lakukan hal kecil yang dapat Anda lakukan untuk kesehatan Anda, ini juga merupakan indikator yang menunjukkan bahwa Anda peduli akan diri Anda sendiri.

6. Tulislah.

Tulis masalah yang Anda miliki. Lalu tulis solusi yang harus Anda lakukan. Walaupun Anda belum dapat menyelesaikannya, namun Anda telah mengambil kontrol situasi tersebut dengan tanggung jawab atas masalah itu.

Pengirim:

Alca Mahameru

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel, foto atau video seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

Saat ini Citizen6, juga mengajak blogger untuk kolaborasi. Jika punya postingan baru, kirim alamat atau url websitenya ke kami. free.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.