Sukses

Invasi Musik Gothic Metal dari Negeri Kincir Angin

Embrio ‘imperialisme’ musisi rock Belanda, sebetulnya sudah mulai dari tahun ’80-an seperti Kayak dan ’90-an yang lebih modis seperti Robby

Citizen6, Jakarta Bersiaplah dilibas ‘serbuan’ baru dari Belanda. Namun sepertinya, yang ini malah sangat mengasyikkan, terutama bagi para penggemar musik cadas. Setelah para pemusik pop dari sana, seperti Daniel Sahuleka (yang justru aslinya orang Indonesia! -red), The Cats, Maywood dll yang terbilang “angkatan gaek”, sempat merajalela di blantika musik internasional, kini giliran para musisi cadas gelombang modern yang bakal menggantikan.

Embrio ‘imperialisme’ musisi rock Belanda, sebetulnya sudah mulai dari tahun ’80-an seperti Kayak dan ’90-an yang lebih modis seperti Robby Valentine. Namun mulai 1997, saat era glam rock & heavy metal meredup digantikan musik rock alternatif, Belanda melahirkan lagi pion-pion musisi rock modern. Within Temptation, adal.ah satunya yang sukses menggebrak. Band yang kini konsisten mengusung aliran symphonic rock & gothic metal itu, tak hanya sukses mengguncang pasar kandang sendiri tapi juga di kalangan pasar underground Eropa.

Seperti pameo yang berlaku di dunia musik; “Tak mendunia jika tak membuka pintu di Amerika (Serikat)”, maka pada tanggal 24 Juli 2007, mereka merilis album The Heart Of Everything di Amerika Serikat, yang merupakan album Within Temptation yang pertama kalinya diedarkan di Indonesia

11 Mei 2007 untuk pertama kalinya Within Temptation mengadakan konser di Amerika Serikat, mereka menjadi pembuka untuk band Lacuna Coil yang merilis Karmacode, dalam konser bertajuk The Hottest Chicks In Metal Tour 2007. Pergelaran ini sendiri, istimewanya, adalah menyuguhkan wanita-wanita cantik dari musik metal. Sharon Den Adel, sang vokalis, memang berhasil memikat jutaan penggemarnya bukan hanya karena suaranya yang bening mirip-mirip Amy Lee (vokalis Evanescence), tapi juga parasnya yang jelita. Dan bukan hanya Amerika, lagu-lagu mereka juga sukses melibas Perancis, Meksiko dan benua Eropa .

Within Temptation adalah salah satu di antaranya. Ada juga Orphanage atau Agua de Annique yang juga punya nama, walau tak semembahana Within Temptation. Yang jelas, kehebatan musisi negaranya Ratu Juliana ini bisa menjadi pemicu kompetisi kreatifitas bagi para pemusik (rock) kita. (Iwan Prasetya)

Pengirim:
Iwan Prasetya

*gambar diambil dari: http://persephone-chan.blogspot.com/2012/05/within-temptation.html


Disclaimer:
Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel, foto atau video seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya keCitizen6@liputan6.com

Mulai 14 -30 Agustus Citizen6 mengadakan program Menulis Bertopik ke-16: Merdeka ala Anak Gaul berhadiah. Info detail di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini