Sukses

Ulang Tahun ke-409, Kendal Pawai Batik di Pantura

Ratusan peserta dengan mengenakan batik carnival memeriahkan karnaval yang juga diikuti perwakilan dari 20 kabupaten kota di Jawa Tengah

Citizen6, Kendal Sebanyak duapuluh  kabupaten kota di Jawa Tengah ikut memeriahkan hari jadi Kabupaten Kendal ke 409. Dalam  acara kendal cultur haritage carnival 2014, berbagai  kesenian budaya dan atraksi barongse dari  Arhanut semarang dan marching band dari pendidikan Ilmu Pelayaran Semarang.
 
Ratusan peserta Kendal Culture Heritage Carnival 2014 memadati jalur pantura Kendal, Jawa Tengah. Sepanjang empat kilometer dengan mengenakan baju karnaval bertemakan burung. Batik kendal menjadi dominan para peserta ini yang bertemakan kendal dedari. Namun sayang, pengamanan di rute peserta tidak maksimal sehingga warga yang menonton karnaval tahunan ini menganggu peserta yang hendak tampil.

Karnaval tahunan ini diawali dengan kereta kencana niti praja yang dikemudikan ketua DPRD Kendal sementara Bintang Yudha Daneswara.  Sementara bupati Kendal Widya Kandi Susanti yang mengenakan gaun mewah berwarna merah naik kereta kencana sambil melambaikan tangan ke sejumlah penonton.

Kendal Culture Heritage carnival yang dilaksanakan selasa (26/08) siang menjadi puncak peringatan hari jadi kabupaten Kendal yang ke 409, acara ini merupakan penundaaan acara yang sebenarnya hari jadi jatuh pada  tanggal 28 juli 2014,  namun karena saat itu pas hari puasa akhirnya di undur hingga tanggal 28 agustus 2014.

Ratusan peserta dengan mengenakan batik carnival memeriahkan karnaval yang juga diikuti perwakilan dari 20 kabupaten kota di Jawa Tengah. Antara lain dari solo, Demak Semarang, Temanggung, Magelang, Tegal dan lain lain. Selain itu  ataraksi marching band dari Pendidikan Ilmu Pelayaran atau PIP Semarang dan liang liong barong sai dari Arhanut semarang.

Tema yang diusung tahun 2014 ini yakni Kendal dededari mengandung makna kabupaten Kendal siap untuk moncer dan terkenal di seantero Jawa tengah. Tema Kendal dedari merupakan rangkaian dari tema tahun-tahun sebelumnya, mulai dari Kendal manik mutumanikam, dilanjutkan Kendal sekaring jagad, ratuning bawono dan tahun ini kendal dedari.

Bupati berharap dengan karnival yang menampilkan kesenian dari 20 kabupaten kota dan batik khas Kendal ini mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kendal dan Jawa Tengah pada umumnya, sekaligus bisa menguri -uri budaya bangsa khuisusnya  budaya Jawa.
Penampilan ratusan peserta Kendal heritage carnival ini menarik perhatian ribuan warga kendal dan sekitarnya. Banyaknya penonton yang merangsek ke jalan protokol membuat petugas kewalahan sehingga penonton masuk ke jalan serta menganggu rute yang dilalui peserta karnival.

Pengirim:
Wahyudi
Kendal

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel, foto atau video seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya keCitizen6@liputan6.com

Mulai 14 -30 Agustus Citizen6 mengadakan program Menulis Bertopik ke-16: Merdeka ala Anak Gaul berhadiah. Info detail di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini