Sukses

Demo Warga Warnai Sidang Amdal Semen di Pati

Mereka menolak secara terang-terangan keberadaan pabrik semen di wilayah Pati.

Citizen6, Jakarta Demo besar yang dilakukan masyarakat Kabupaten Pati yang tinggal di  bagian selatan meliputi Kecamatan Kayen, Tambakromo dan Sukolilo pada Sidang Komisi Amdal dan RKL-RPL oleh PT.SMS anak perusahaan PT. Indocement  di Hotel Pati berjalan dengan damai. (3/9/2014).

Menaiiki sejumlah angkutan truk terbuka, sepeda motor dan kendaraan pribadi warga yang tinggal di tiga Kecamatan tersebut membaur jadi satu untuk melakukan unjuk rasa secara serentak untuk menolak secara terang-terangan keberadaan pabrik semen di wilayah Pati. Aksi  yang kesekian kali untuk menolak keberadaan pabrik semen yang bakal dibangun di wilayah Pati bagian selatan dilakukan secara spontan oleh warga.

Beberapa warga baik pria dan wanita tidak henti-hentikan melakukan orasi dan yel-yel sambil membawa puluhan spanduk untuk menolak hasil dari Sidang Amdal Pabrik Semen. Demikian juga  dari mereka mendesak kepada aparat Kepolisian dan Satpol PP yang menjaga  untuk membuka pagar Hotel Pati dengan harapan perwakilan massa dapat masuk. Sebagian perwakilan warga meminta bertemu dengan Bupati Haryanto, Pimpinan PT. SMS, BLH,  dan Tim Amdal untuk menghentikan Sidang Amdal.

Jalannya Sidang Amdal yang dipandu langsung Kepala BLH Pati Ir. Purwadi, MM dan Alex Frans dari PT. SMS memberikan kesempatan kepada warga yang tinggal di Kecamatan Kayen, Tambakromo dan Sukolilo memberikan masukan terkait proses Sidang Amdal. Demikian juga semua pihak baik LSM, Tokoh masyarakat, Pemperhati lingkungan dimohon memberikan tanggapan  sehingga Tim Amdal bisa mengevaluasi  hasil Amdal.

Dalam kesempatan itu Alex Frans sudah memberikan paparan jika pembangunan Pabrik Semen dengan investasi  6 Triliun itu memberikan kesejahteraan masyarakat Pati. Demikian juga keberadaan PT. Indocement tidak akan merusak lingkungan dan mata air, karena air akan diambil dari tadah hujan dan sungai Juwana.

Kapolres Pati AKBP Budi Haryanto dalam kesempatan itu menjelaskan jika untuk mengantisipasi jalannya Sidang Amdal pihaknya menyiapkan kurang lebih 1000 personil dari berbagai keseatuan baik Polri, TNI, dan Satpol.  Pihaknya menempatkan personil dengan pembagian riang satu sampai tiga. Baik di dalam ruangan Hotel Pati dan halamannya serta di jalan utama.
     

Pengirim        :  Agus Setiyo Utomo
Alamat            :  Kel Parenggan – Gang Sawojajar 33A Pati

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel, foto atau video seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini