Sukses

Lagu Rakyat Soleram Juarai Paduan Suara Internasional di Spanyol

Archipelago Singers, berencana untuk melakukan tur kompetisi internasionalnya yang ketiga.

Citizen6, Jakarta Satu lagi prestasi internasional dicapai oleh anak-anak negeri. Sebuah grup paduan Suara The Archipelago Singers menjadi juara wahid kategori Paduan Suara Campuran (Mixed Choir)  pada 32nd Cantonigros International Music Festival, di kota Vic, Spanyol. Mereka membawakan lagu tradisional Soleram, Tak Tong Tong, dan Ampar Ampar Pisang.Kompetisi ini merupakan ajang bergengsi yang diikuti oleh 16 negara yang bersaing di ranah seni budaya dan pariwisata.  Pimpinan The Archipelago Singers, Darmawan pada Rabu, 3 September 2014, mengatakan, "Banyak hal positif yang bisa didapatkan oleh negara kita dengan menjuarai kompetisi internasional semacam ini. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya peserta dari negara lain yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai kebudayaan Indonesia selama keikusertaan The Archipelago Singers pada dua kompetisi di Spanyol tersebut". 

Bukan tanpa jerih-payah, dalam mempersiapkan keikutsertaannya pada kompetisi di Spanyol tersebut, The Archipelago Singers juga berkolaborasi dengan dua komposer paduan suara ternama dunia. Dengan menggandeng komposer kenamaan asal Spanyol, Josu Elberdin, kolaborasi ini mampu melahirkan aransemen ciamik untuk lagu rakyat Riau, Soleram.

Sentuhan dingin komposer dunia asal Indonesia, Ivan Yohan, pun mampu menjaga keharmonisan dari dua unsur itu. Walhasil, terciptalah pula karya berjudul "Negros Fantasmas" yang liriknya diambil dari puisi karya penyair ternama Spanyol, Gustavo Adolfo Becquer. The Archipelago Singers telah sukses menampilkan world premiere dari kedua karya tersebut di Jakarta pada Juni 2014 lalu.

Tak sedikit prestasi yang sudah tertoreh, The Archipelago Singers pun pernah sukses meraih penghargaan "Generalitat de Catalunya Award”, yang menjadikan  mereka sebagai paduan suara Indonesia pertama yang berhasil meraih Juara Pertama sepanjang 32 tahun sejarah penyelenggaraan kompetisi tersebut.Selain itu, pada 60th International Choir Competition for Habaneras and Polyphony 2014, Torrevieja, Spanyol, salah satu kompetisi paduan suara internasional tertua di dunia, paduan suara ini pun berhasil meraih Juara I Kategori Polifoni dan penghargaan khusus Fransisco Vallejos untuk kategori "Interpretasi Lagu Habaneras Terbaik".Prestasi di Spanyol tersebut meneruskan tradisi juara The Archipelago Singers sebelumnya. Pada tahun 2012 yang telah menyematkan nama harum mereka setelah berhasil meraih Juara I untuk Kategori Lagu Rakyat (sekaligus meraih Public Prize), dan Juara II untuk Kategori Musik Klasik (sekaligus meraih Golden Diploma for excellent international achievement) pada 9th International Choir Competition, di Miltenberg, Jerman.Berbekal kesuksesan itu, The Archipelago Singers akan kembali mengadakan konser di Jakarta dan pada bulan Juli 2015, The Archipelago Singers, berencana untuk melakukan tur kompetisi internasionalnya yang ketiga. (*/igw)Disclaimer:Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.Anda juga bisa mengirimkan artikel, foto atau video seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini