Sukses

Melihat Jejak Melayu di Padang Roco

Di sini pada tahun 1911 pernah ditemukan sebuah prasasti yang dinamakan “Prasasti Padang Roco”.

Citizen6, Jakarta Padang Roco adalah sebuah candi tertua yang ada di Darmasraya Sumatera Barat. Candi merupakan candi agama Hindu-Budha yang dibangun pada masa sebelum Adityawarman. Di Padang Roco inilah dulu Arca Bhairawa setinggi 4, 41 cm yang sekarang disimpan di museum nasional ditemukan. Begitu juga dengan prasasti Amogaphasa yang juga sekarang berada di Museum Nasional Jakarta.

Di sini pada tahun 1911 pernah ditemukan sebuah prasasti yang dinamakan “Prasasti Padang Roco”. Prasasti ini berupa alas dari Arca Amoghapasa dimana pada keempat sisinya terdapat manuskrip dua bahasa yaitu bahasa melayu kuno dan bahasa Sansekerta dengan aksara Jawa kuno. Kini prasasti itu tersimpan di Museum Nasional. Selengkapnya

Pengirim:

Astri Damayanti

Twitter: @AstriDamayanti 

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel, foto atau video seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

Ikuti Lomba foto berhadiah total Rp 20 juta. Info detail di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.