Sukses

13 Sekolah di New South Wales Ikut Lomba Menulis Bahasa Indonesia

Ke-13 sekolah di Negara Bagian New South Wales yang mengirimkan 153 siswa untuk mengikuti lomba Kompetisi ini.

Citizen6, Jakarta Bertempat di Departemen Pendidikan dan Kemasyarakatan, New South Wales, diselenggarakan kegiatan lomba karya tulis Kompetisi Siswa 2014 yang diikuti oleh 153 siswa  mulai dari Kelas Taman Kanak-kanak (kelas nol) hingga kelas 10 yang berasal dari 13 sekolah di New South Wales.

Dalam kegiatan ini, Konsul Pensosbud KJRI Sydney menjadi salah satu tim penilai yang terdiri dari Departemen Pendidikan dan Masyarakat NSW, Australia Indonesia Association, Modern Language Teacher Association NSW dan KJRI Sydney.


Ke-13 sekolah di Negara Bagian New South Wales yang mengirimkan 153 siswa untuk mengikuti lomba Kompetisi Siswa 2014 ini yaitu: Carlton Public School, Claremont College, St. Patricks Primary School, Campsie Public School, Bigga Public School, Parramatta High School, Coonabarabran High School, Pennant Hills Public School, Ryde Secondary College, Burwood Girls High School, Scotts Head Public School, St. Luke’s Grammar School, Macarthur Anglican College.

Pada lomba yang diselenggarakan pada tanggal 3 September 2014 tersebut ada bermacam-macam kategori:
a.    Kelas Taman Kanak-kanak, bertema: “Teman Saya”, para siswa diminta menggambar / melukis dan menulis keadaan / hubungan mereka dengan teman.
b.    Kelas 1-2 bertema : “Ini Keluarga Saya”, memuat tulisan gambaran sederhana tentang keluarga.
c.    Kelas 3-4 bertema : “Di Kebun Binatang”, memuat gambar dan tulisan sederhana tentang situasi yang ada di kebun binatang
d.    Kelas 5-6 bertema : “Buku Favorit Saya”, membuat ilustrasi dalam buklet/ paparan digital dalam bahasa Indonesia tentang buku favorit yang menjadi bacaan siswa.
e.    Kelas 7-8 bertema : “Sekitar Kota Saya”, membuat ilustrasi dalam buklet/ paparan digital dalam bahasa Indonesia tentang situasi tentang kota tempat siswa berdomisili.
f.    Kelas 9-10 bertema : “Liburan Ideal Saya”, membuat ilustrasi dalam buklet/ paparan digital dalam bahasa Indonesia tentang situasi liburan yang dialami siswa.


Kegiatan kompetisi siswa ini menjadi ajang yang sangat menarik bagi para siswa sekolah yang mengikuti pemberlajaran Bahasa Indonesia di negara bagian New South Wales. Dengan mengikuti Kompetisi Siswa, para siswa dapat mengukur kemampuan mereka dalam menguasai pelajaran Bahasa Indonesia.

Kegiatan ini merupakan program yang dilaksanakan setiap tahun oleh Departemen Pendidikan dan Masyarakat New South Wales untuk meningkatkan minat siswa mempelajari Bahasa Indonesia. Pada tahun 2013, siswa yang mengikuti Kompetisi Siswa berjumlah 119 siswa dari 9 sekolah dan tahun 2012, terdapat 129 siswa dari 13 sekolah.  Sekolah yang mengkuti Kompetisi Siswa mendapatkan Piagam Penghargaan dari KJRI Sydney.

Pengirim:

Nicolas Manoppo

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel, foto atau video seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini