Sukses

Plafon IAIN Imam Bonjol Padang Runtuh, Mahasiswa Cedera

Sementara itu, dosen Bahasa Arab yang mengajar di ruangan itu, Syahrial mengaku trauma atas peristiwa yang menimpanya.

Citizen6, Padang Kejadian tak diduga terjadi di kampus IAIN Imam Bonjol Padang, Senin (15/09). Saat perkuliahan berlangsung, plafon di ruangan SC 08 gedung Student Centre mendadak runtuh dan menimpa mahasiswa di dalamnya. Akibat peristiwa itu, beberapa mahasiswa mengalami luka memar dan cedera.

Sementara itu, dosen Bahasa Arab yang mengajar di ruangan itu, Syahrial mengaku trauma atas peristiwa yang menimpanya.
"Awalnya terdengar bunyi dari bagian plafon, lalu plafon jatuh menimpa kami," ujar Saidin, mahasiswa yang sedang kuliah di ruangan itu. Dari hasil pantauan lapangan, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 13.30 WIB.  Seketika, puluhan mahasiswa histeris dan berhamburan menyelamatkan diri keluar gedung Studen Centre.

Sejumlah korban segera dilarikan ke markas Korp Sukarelawan Palang Merah Indonesia (KSR-PMI) yang berada di depan gedung Student Centre. Jatuhnya korban diduga akibat berdesakan turun tangga menuju pintu keluar. "Yang cedera dan kami rawat ada delapan orang. Rata-rata korban mengalami memar dan terkilir," kata Yusuf, salah seorang anggota KSR-PMI yang ikut merawat korban.

Sementara itu, dosen Bahasa Arab yang mengajar di ruangan itu, Syahrial mengaku trauma atas peristiwa yang menimpanya. "Ini harus disampaikan ke atas. Kalau begini saya tidak berani mengajar disini, Biarlah mahasiswa tidak kuliah," katanya.

Sayangnya pihak pimpinan IAIN Imam Bonjol Padang tak dapat meninjau lokasi setelah kejadian karena sedang berada di luar kota. Namun, Kepala Biro AUAK IAIN Imam Bonjol Padang, Dasrizal yang mendatangi lokasi bebarapa saat pasca kejadian memberi penjelasan. "Setelah gempa 2009, gedung ini direnovasi pada 2012 dan pengerjaannya dilakukan oleh BNPB. Jadi musibah ini tanggung jawab BNPB," kata Dasrizal.

Dasrizal melanjutkan, kedepannya akan dilakukan pengecekan, ruangan mana yang layak dan tidak layak digunakan.

Meski peristiwa tersebut mengejutkan dan membuat takut civitas academika IAIN Imam Bonjol  Padang, proses perkuliahan di beberapa ruangan yang bersebelahan dengan ruang SC 08 tetap dilangsungkan.

Pengirim:

Ahmad Bil Wahid, Padang

Twitter: @bilwahidABW

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel, foto atau video seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini