Sukses

Pentingnya Pendidikan Agama dan Mental di Usia Dini

Tujuan diadakan lomba ini untuk membudayakan kreativitas sekaligus menumbuh kembangkan prestasi anak-anak usia dini.

Citizen6, Jakarta Pendidikan agama sangat penting ditanamkan sejak usia dini. Lebih bagus lagi bila ditanamkan dengan cara yang bisa membangun kreativitas dan perkembangan mental anak.

Melihat hal tersebut, Direktorat Pendidikan madrasah direktorat jenderal pendidikan islam kementrian Agama menggelar lomba untuk anak-anak Raudhatul Atfal (RA) atau setingkat Taman Kanak-Kanak (TK). Lomba tersebut diikuti oleh puluhan RA yang berada di wilayah Jabodetabek serta Cianjur.

Direktur Pendidikan Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan islam kementrian Agama, Nurkholis Setiawan mengatakan tujuan diadakan lomba ini untuk membudayakan kreativitas sekaligus menumbuh kembangkan prestasi anak-anak usia dini.

"Lomba ini untuk melatih mental karena ketika anak-anak hanya terdidik dalam teori saja, namun kalau mentalnya gak kuat anak tersebut gampang goyah," ungkapnya kepada wartawan, Selasa (30/9/2014).

Kegiatan ini untuk mengangkat mutu pendidikan madrasah yang dimulai dari tingkat RA ini. Ajang penyaluran kreativitas ini, kata dia, sudah mengakomodir semua sisi terkait pendidikan agama, seni, kreativitas dan lainnya.

Sementara, Kasubid Pendidikan Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan islam kementrian Agama, Sastra Juanda menjelaskan lomba ini dibagi menjadi 8 kategori, seperti lomba mengaji, hafalan doa, hafalan surat pendek, lomba adzan, seni islam, tarian dan lainnya.

"Acara ini sudah dilakukan 2 kali, namun kali ini peserta yang ikut lebih banyak. Antusias siswa nya pun terlihat sangat bagus yang sekarang," ungkapnya.

Di ajang lomba ini, keinginan anak-anak untuk menunjukkan kebisaan mereka sangat besar. Selain untuk memotivasi anak-anak, lomba ini juga untuk memotivasi guru yang tentunya berlandaskan kepada asas pengembangan anak usia dini.

"Pendidikan anak-anak di usia dini sangat menentukan dan berdampak pada perkembangan dan kreativitas kedepannya. Kita berusaha membina anak usia dini dengan baik dan yang penting berahlak mulia," ujarnya.

Harapannya, sebagai lembaga pendidikan yang di kelola Kementrian Agama, RA bisa menjadi fase persiapan yang sangat komperhensif terhadap sekolah dasar dan menengah.

Pengirim:

Bima Firmansyah


Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel, foto atau video seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini