Sukses

Pemilihan RW Saja kok Ricuh?

Ketua RW yang lama, Koesnanto, secara sepihak membatalkan hasil pemilihan RW yang telah berlangsung.

Liputan6.com, Jakarta Pemilihan ketua RW 09 Kelurahan Cipinang Muara Jakarta Timur berlangsung ricuh. Ketua RW yang lama, Koesnanto, secara sepihak membatalkan hasil pemilihan RW yang telah berlangsung.

Kasus ini berawal dari surat pengunduran diri Koesnanto sebagai Ketua RW 09 pada April 2013 kepada Lurah Cipinang Muara. Berdasarkan surat tersebut, 6 ketua RT yang berada di RW 09 melakukan pertemuan dan membentuk panitia pemilihan Ketua RW sebagaimana yang diatur dalam SK Gubernur Nomor 36 Tahun 2001. Diputuskan, panitia pemilihan Ketua RW terdiri dari 6 ketua RT tersebut.

Pemilihan ketua RW sendiri dilaksanakan pada 7 September 2014 dan memutuskan Sumargiarto yang sebelumnya menjabat sekretaris RT 05 sebagai ketua RW baru.

Masalah muncul ketika ketua RW yang lama yakni Koesnanto membuat surat keputusan yang berisi membatalkan hasil pemilihan ketua RW. Surat pembatalan ini mengacu pada Surat Lurah tanggal 10 September 2014 yang berisi instruksi agar Koesnanto sebagai ketua RW membentuk kepanitiaan peremajaan kepengurusan RW. Padahal, di tanggal tersebut RW baru telah terpilih dan Koesnanto bukan lagi ketua RW 09.

"Prosedur yang kami lakukan sudah benar, yang bikin kusut itu Surat Lurah tanggal 10 September," jelas Bunyamin, ketua RT 03 saat dihubungi Liputan6.com via telpon, Kamis (2/10/2014).

"Ini Lurah melakukan kesalahan. Kenapa dia buat surat tanggal 10 itu ditujukan kepada ketua RW 09 lama, padahal kan ketua RW itu sudah mengundurkan diri," tambah Bunyamin.

Dihubungi secara terpisah, Endang Sofyan, Lurah Cipinang Muara, mengatakan bahwa ini terjadi karena semua punya persepsi masing-masing.

"Surat itu dibuat secara sepihak, pribadi dan tidak ada koordinasi," jelas Sofyan ketika ditanya mengapa Koesnanto dapat membatalkan hasil pemilihan RW kepada liputan6.com, Kamis (2/10/12014).

Untuk menyelesaikan kericuhan ini, Lurah akan mengundang semua pihak yang terkait, terutama Koesnanto untuk mengklarifikasi semua dalam waktu dekat.

"Mudah mudahan beres," respons Bunyamin.



Penulis


Rio Apinino

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel, foto atau video seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.