Sukses

Menangis Ternyata Banyak Manfaatnya Lho

Menangis dengan mendapatkan support secara sosial dari lingkungannya lebih mengalami peningkatan dalam mood.

Citizen6, Jakarta Psikolog Jonathan Rottenberg dan Lauren M. Bylsma dari University of South Florida, menemukan bahwa mood kita akan mengalami peningkatan diiringi dengan menangis, apapun yang menjadi penyebab menangis itu sendiri.

Dari hasil penelitian tersebut didapati bahwa, menangis dengan mendapatkan support secara sosial dari lingkungannya lebih mengalami peningkatan dalam mood. Fakta menurut penelitian ini adalah bahwa menangis dapat mengarah kepada hidup yang lebih sehat.

Dan berikut empat alasan utama mengapa menangis memiliki hubungan yang sangat erat dengan kesehatan jasmani dan rohani, seperti penelitian yang telah dilakukan:

1. Melepaskan ketegangan dan racun dari stres emosional yang ada di dalam tubuh.

2. Menangis yang dapat mengeluarkan emosi sebenarnya mengandung protein dan beta endorphin, yaitu zat alami penghilang rasa sakit. Air mata juga membunuh bakteri, melembabkan dan membantu memaksimalkan fokus pada mata menjadi lebih baik.

3. Mereka yang lebih sering menangis memiliki penyakit fisik lebih sedikit dibandingkan mereka yang menyimpannya.

4. Menangis dapat membantu ketenangan batin dan kedamaian. Kita dapat melihat situasi dengan lebih jelas dan tenang setelah menangis.

Jadi, lain kali jika Anda ingin menangis, maka tidak perlu takut atau malu. Percayalah, dengan melepaskan tangisan Anda itu, maka akan menjadikan Anda merasa lebih baik sesudahnya.

Pengirim:

Alca Mahameru

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel, foto atau video seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.