Sukses

Akun @ndorokakung, Tweeple Paling Berpengaruh untuk "Meme Bekasi"

Pembuat status teratas yang paling banyak diretweet netizen selama sepekan ini, satu di antaranya adalah warga Bekasi

Citizen6, Jakarta Hampir sepekan ini, path dan jejaring media sosial seperti twitter dan facebook dipenuhi dengan sebaran “Meme Bekasi”. Awesometrics mencoba memantau dan menganalisa “Meme Bekasi” ini dengan beragam keyword: meme lucu bekasi, meme mengenai letak Kota Bekasi, meme bekasi, meme tentang bekasi, meme ledekan ttg bekasi, Bekasi Serius Tanggapi Meme, meme buatan OZzers tentang Bekasi, meme lucu soal Kota Bekasi, Meme Comic Bekasi, meme nyelain Bekasi, meme ttg Bekasi.

Selama sepekan, 9 hingga 16 Oktober 2014 ini, tak kurang dari 911 percakapan soal “meme Bekasi” di Twitter.
 
Enam akun pembuat status teratas yang paling banyak diretweet netizen selama sepekan ini, satu di antaranya adalah warga Bekasi, dan rata-rata menyertakan salah satu meme yang sudah disebarkan:

 

Meme merupakan media kreatif untuk menyampaikan suatu pesan atau kritik sosial, seperti halnya poster, karikatur, fotografi.

“Meme bisa merangkum satu hingga lebih pesan atau kritikan, dan bentuknya lebih menarik untuk disebarkan karena ada gambar, foto, dan quote yang “menyentil”. Karenanya, meme yang disebarkan di media sosial lebih cepat viral daripada sekadar kata-kata,” kata Yustina Tantri, Marcomm Awesometrics.

Awesometrics menangkap insight meme-meme tersebut menyiratkan kritikan, atau keluhan publik, termasuk dari warga Bekasi sendiri, khususnya soal tata perkotaan. Pembangunan perumahan dan mal yang sangat pesat justru memunculkan berbagai masalah seperti kemacetan, jalan raya yang rusak disana-sini.

Lalu, persoalan banjir yang kerap terjadi di Bekasi di antaranya disebabkan pembangunan yang tak sesuai penataan kota, dan mengabaikan pengaturan saluran air yang baik. Kondisi yang kian hari kian memarah ini berdampak juga pada udaranya yang makin tercemar, sehingga hawa di kawasan Bekasi makin panas.

Jarak Jakarta ke Kota Bekasi sebetulnya sudah diantisipasi dengan fasilitas jalan tol. Tapi lantaran tiada hari tanpa macet, Bekasi tetap terasa jauh, sehingga perjalanan kesana menyesakan. Sindiran tajam meme ini seakan mewakili banyak suara hati, maka paling banyak diretweet hingga 437 kali.

Sepuluh akun twitter ini adalah yang paling berpengaruh saat mempercakapkan “meme Bekasi
 
Dua akun yakni @ndorokakung dan @nukman adalah akun yang paling berpengaruh. Akun @Ndorokakung penyebaran jangkauannya mencaoai 153,744,  karena followersnya 150 ribuan.

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel, foto atau video seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.