Sukses

Ratusan Anak TK Leles `Naik Haji`

Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan ritual haji dan sejarah Nabi khususnya rukun Islam yang ke-5.

Citizen6, Jakarta Sebanyak 785 siswa TK se-Kecamatan Leles  Kabupaten Garut berseragam mengenakan pakian ihram  melakukan pelatihan peragaan manasik haji di  Alun alun Tritunggal Leles Kamis ( 16/10 ) 2014.

Ketua Panitia pelatihan manasik haji se Kecamatan leles. H A Sobarna,S,Pdi  didampingi penasehat Guru TK se-Kecamatan Leles Kiai H Aceng Kurnia, mengatakan, sudah jadi rutinitas setiap tahunnya pelatihan manasik ini diadakan. Peserta pelatihan manasik tahun ini siswa dari TK Kecamatan Leuwigoong dan siswa TK Kecamatan Kadungora pun ikut gabung.

Pelatihan manasik sebanyak 785 anak itu dibagi menjadi 27 kloter. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan ritual haji dan sejarah Nabi khususnya rukun Islam yang ke-5. Selain itu untuk memberikan pengalaman rohani ketika mereka dewasa nanti saat naik haji yang sesungguhnya.

Acara ini merupakan applikasi pengajaran agama Islam di sekolah, juga untuk menjalin silaturahmi antar sesama Guru TK dan orang tua siswa.

Salah satu pembingbing pelatihan manasik Hj Nenden Winarni dari guru TK Panti Karya Leuwigoong mengatakan, "Do'a yang diajarkan di sekolah sekarang diaplikasikan di lapangan pelatihan manasik ini dibuat semirip mungkin dengan aslinya.

Anak-anak ini mengenakan pakaian ihram lengkap, layaknya para calon jamaah haji di saat menunaikan ibadah haji di Tanah Suci, berkumpul di Arafah, keliling Ka'bah disertai pembimbing setiap kloternya  sambil diajarkan doa yang harus di baca saat naik haji sungguhan. Untuk menunjang kegiatan tersebut, anak-anak pun mencari sejumlah kerikil untuk lempar jumroh, seperti layaknya lempar jumroh beneran, "Ungkap Nenden.

Pengirim:

Nada Kus


Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel, foto atau video seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.