Sukses

Pasar Indonesia, Film Senyap dan Pidato Kebudayaan Hilmar Farid

Akhirnya libur akhir pekan tiba, yuk kunjungi 6 acara bertemakan budaya ini

Citizen6, Jakarta Akhir pekan, waktu bersama keluarga atau orang yang spesial. Momen tersebut harus dilewatkan secara berkualitas. Pergi ke tempat-tempat yang unik tentu akan lebih menyenangkan dan lebih surprise. Kemana saja sebaiknya, berikut acara-acara unik yang sayang untuk dilewatkan

1. Pasar Indonesi di JCC

Momen tahunan ini diselenggarakan setiap setahun sekali. Seuruh pengrajin dan maestro seni dari berbagai wilayah di Ondonesia berkumpul di sini. Para maestro batik, tenun, ukir kayu dan orang-orang kreatif memamerkan karyanya di sini. Pasar Indonesia ini sangat menarik, selain bisa belanja juga bisa lebih mengetahui beragam dan eloknya budaya yang dimiliki Indonesia kita.

2. Film Senyap

Setelah sukses dengan film The Act of Killing (Jagal) , sutradara Joshua Oppenheimer kembali membuat silm dokumenter tentang PKI. Kali ini film terbarunya yang berjudul The Look of Silence" atau Senyap" akan diputar untuk umum di Graha Bhakti Budaya pada Senin, 10 November 2014 pukul 16:00 WIB. Acara ini gratis, tetapi harus mendaftar di http://filmsenyap.com/nonton/

3. Pidato Kebudayaan Hilmar Farid

Jelang akhir tahun, Dewan Kesenian Jakarta kembali menggelar pidato kebudayaan. Tahun ini Pidato akan dilakukan oleh Hilmar Farid, tokoh yang beberapa waktu lalu dicalonkan oleh onliner sebagai Menteri Pendidikan. Hilmar Farid akan membacakan pidatonya di Teater Jakarta pada Senin, 10 November 2014 pukul 19:30 WIB.  Acara ini terlalu penting untuk dilewatkan.

4. Pameran Seni Instalansi Korea-Indonesia "Typotopia"

Pameran seni Typotopia yang terdiri dari dua kata tipografi dan utopia dimaksudkan untuk membagi tipografi dalam beberapa bagian seperti seni, teknologi dan permaian interaktif dengan pengunjung. Pameran yang diadakan sejak 8-31 Oktober 2014 ini akan menghadirkan karya dari lima seniman asal Korea dan delapan seniman asal Indonesia. Acara yang berlangsung di Lotte shopping Avenue ini bertujuan sebagai ajang pertukaran budaya dan kerjasama antara kedua negara.

5. World Islamic Tourism Mart

World Islamic Tourism Mart (WITM) kembali dogelar, kali ini Indonesia menjadi tuan rumahnya. Pameran pariwisata syariah dunia yang diselenggarakan pada 24-26 Oktober di Balai Kartini ini ditujukan bagi negara-negara yang tertarik dengan pariwisata syariah seperti Indonesia untuk mempromosikan diri sebagai destinasi yang tepat untuk wisata syariah.

6. Festival Budaya di Monas

Festival budaya yang memeriahkan acara Jakarta Marathon 2014 ini akan menampilkan berbagai atraksi seni budaya nusantara dan kontemporer guna mempromosikan pariwisata Indonesia. Festival yang berlangsung pada Minggu, 26 Oktober 2014 di Monumen Nasional (Monas) ini juga didukung oleh atraksi budaya nusantara seperti Tanjidor, Kolintang, Liong dan lainnya.

7. Pekan Komponis Indonesia

Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) membuka kesempatan bagi komponis muda dan pecinta seni untuk bertemu dengan komponis besar dalam acara "Pekan Komponis Indonesia". Acara yang berlangsung 21-26 Oktober 2014 di Taman Ismail Marzuki, Jakarta ini mengambil tema "Keroncong: Riwayatmu, Kini" dengan tujuan agar musik keroncong kembali hits dan eksis di Indonesia.

8. Pameran Naskah Cerita Panji

Perpustakaan Nasional kembali menggelar pameran yang diadakan tiap tahunnya. Dalam pameran Tematik Naskah Kuno Nusantara tahun ini akan menampilkan Naskah cerita Panji Koleksi Perpustakaan Nasional dengan mengangkat tema "Cerita Panji sebagai Warisan Budaya Dunia. Acara yang berlangsung 24-30 Oktober 2014 di Auditorium Perpustakaan Nasional, Jakarta pusat ini pun akan dimeriahkan tari-tarian, story telling, topeng Panji, reog, campur sari dan musik keroncong.

9. Indonesia Travel & Holiday Fair

Pameran Indonesia Travel & Holiday Fair (ITHF) kembali digelar setiap dua tahun sekali dalam setahun. Festival yang berlangsung pada 24-26 Oktober 2014 di Balai Kartini ini akan memberikan kemudahan Anda yang ingin berburu paket wisata dan tiket pesawat murah.

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel, foto atau video seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini