Sukses

6 Fakta Unik Kabinet Kerja Jokowi-JK

Akhirnya kabinet telah diumumkan, ada beberapa fakta unik yang disoroti tweeple.

Citizen6, Jakarta Presiden Jokowi menamai  kabinet di pemerintahannya dengan nama kabinet kerja. Kabinet kerja yang terdiri dari 34 menteri  ini diumumkan Minggu, 26 Oktober 2014 di Istana. Ada beberapa fakta unik yang disoroti tweeple tentang kabinet kerja ini yang menjadi sorotan publik.

Keenam fakta unik itu diantaranya:

1.    8 menteri  perempuan

Selama pemerintahan Jokowi – Jk telah menunjuk 8 menteri perempuan.  Mereka adalah Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno, Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise, Menteri Luar  Negeri Retno LP Marsudi, dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

2.    2 Menteri  pada masa pemerintahan sebelumnya dipilih kembali. 

Dari 34 jumlah menteri yang dipilih Jokowi, dua diantaranya adalah menteri yang telah menjabat pada masa pemerintahan sebelumnya. Kedua menteri itu adalah Lukman Hakim Saifudin yang sebelumnya menjabat Menteri Agama dan Sofyan Djalil yang pernah menjabat Menteri BUMN dan Menteri Komunikasi dan Informatika.

3.    8 menteri yang tidak direkomendasikan KPK

Penundaan pengumuman kabinet baru Jokowi karena ia melibatkan KPK  dan PPATK untuk memilih menteri yang bersih. Namun beredar kabar ada 8 nama yang tidak direkomendasikan oleh KPK.  

4.    Ada menteri yang tidak lulus SMA

Salah satu fakta yang paling menarik adalah salah satu menteri  di kabinet kerja Jokowi Jk tidak lulus SMA. Perempuan perkasa yang dipilih menjadi menteri  kelautan dan Perikanan adalah Susi Pudjiastuti. Perempuan ini adalah pengusaha yang bergerak di bidang perikanan dan penerbangan. 

Kemunculannya memperoleh dukungan luas dari para tweeple, diantaranya:

"@DubesNorwegia: Congratulations Ibu Mentri @susipudjiastuti - as I promised Norway will work closely with you for sustainable&strong Fisheries in Indonesia!"

"‏@yonaspurba: Selamat bu @susipudjiastuti ... jaga dan maksimalkan kekayaan laut kita u rakyat indonesia...

5.    Tidak ada menteri dari Partai Golkar

Dari 34 menteri di Kabinet Jokowi, tak satupun menteri yang berasal dari Golkar.  Fakta ini dikomentari oleh beberapa tweeple, diantaranya:

"@sasmitaisme:  Finally, pertama dalam sejarah tidak ada orang Golkar di dalam kabinet. Tapi khan Wapresnya Golkar, hahaha."

"@jannerthing: Jadi tidak ada menteri dari golkar, itb dan orang batak. Bye orba nih? Hihihi"

6. Pertama kali Menteri Luar Negeri perempuan.

Negeri Retno LP Marsudi adalah perempuan pertama yang menjabar sebagai Menteri Luar Negeri. Perempuan ini sebelumnya menjabat sebagai Duta Besar Indonesia di Belanda.  Perempuan ini telah dua kali menjadi Duta Besar (Dubes) dan merupakan seorang diplomat karir.
 
Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel, foto atau video seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.