Sukses

7 Tempat Wisata Elok di Kota Perwira, Purbalingga

Purbalingga, Jawa Tengah ini pun belum menjadi tujuan wisata sepopuler bandung atau Jogja.

Citizen6, Purbalingga Sebutan kota Perwira mungkin belum banyak yang tahu. Bahkan kota Purbalingga, Jawa Tengah ini pun belum menjadi tujuan wisata sepopuler bandung atau Jogja. Padahal kota kabupaten ini merupakan pusat industri rambut rambut nomor dua di dunia setelah Gwangju Korea Selatan.

Kota ini ini juga memiliki potensi pariwisata yang menarik diantaranya :

1. Owabong
 
7 Tempat Wisata Elok di Kota Perwira, Purbalingga

Tempat pariwisata yang satu ini jangan diragukan lagi. Owabong menjadi tujuan wisata terbesar di Jawa Tengah loh. Kesegaran airnya yang bersih dan jernih menjadi keunggulan tersendiri. Tidak heran tempat pariwisata yang satu ini menjadi tujuan wisata turis asing. Jadi tidak perlu ke Bali ataupun ke luar negri untuk dapat melihat pelancong yang kita sebut sebagai bule.

Mau foto? Bisa, asal berani saja bercuap-cuap dengan mereka. Wisata air yang berlokasi di Kecamatan Bojongsari ini menggunakan air yang terus mengalir karena didukung oleh sumber mata air pegunungan yang berlimpah dari tuk Cidandang, Cipawon, dan Cikupel. Lalu apa saja fasilitas dan wahana yang ada disediakan oleh Owabong?.

Dengan tiket masuk yang kurang dari Rp.30.000,- anda bisa menikmati wahana WaterBoom, Pantai Bebas Tsunami, Kolam Olympic, Kolam Awal (WaterBoom), Flying Fox, Kolam sesat, Pantai Bebas Tsunami, Kolam Pesta Air, Kolam Akhir, Kanal Arus, Ember Tumpah, Terapi Ikan Terbesar di Indonesia, Arena Gokart, Paint Ball, Bioskop Patang Dhelengan, Andrawina Ballroom, Owabong Cottage sampai dengan Ember Tumpah. Selain wisata air, disediakan pula wahana seru lainnya seperti Gokart dan Teraphy Ikan. Diantara wahana-wahana tersebut ada yang harus membayar kembali ketika anda ingin menikmati asyiknya wahana tersebut. Sementara itu, setiap tahun Owabong menargetkan dibukanya 2 wahana baru.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1

2. Sanggaluri Park
 
7 Tempat Wisata Elok di Kota Perwira, Purbalingga

Tempat wisata yang satu ini berlokasi di Kecamatan Kutasari. Sanggaluri Park sendiri merupakan singkatan dari Sanggar Luru Ilmu, artinya taman untuk menuntut ilmu. Bahkan, Sanggaluri Park ini diharapkan dapat menjadi pusat berbagai penelitian dan edukasi bagi masyarakat, selain sebagai tempat berekreasi loh!. Mau tahu ada apa saja yang bisa anda saksikan di tempat wisata pendidikan yang satu ini?.

Selain melihat-lihat reptil dan berbagai spesies serangga, nikmati sensasi menjadi raja/ratu ular juga dengan berinteraksi langsung dengan ular yang ada di dalam tempat yang disebut dengan kampung ular. Lihat juga Museum Oeang yang menampilkan berbagai jenis uang dari nasional dan internasional. Penasaran dengan uang bernominal 5miliar? Anda bisa menjumpainya di Sanggaluri Park. Selain itu dimeriahkan juga dengan wahana lain berupa Rumah Prestasi, Rumah Boneka Lintang, Museum Artefak dan Wayang.

3 dari 7 halaman

2


3.  Wisata Agro Seranggola
  7 Tempat Wisata Elok di Kota Perwira, Purbalingga

Jika anda datang ke Purbalingga kunjungilah Kecamatan Karangreja dan nikmati kesegaran udara sejuk dan pemandangan alami di kaki Gunung Slamet. Anda dapat menikmati pemandangan dari bukit-bukit di sekitar Goa Lawa sampai dengan Agrowisata Serang. Di tempat wisata yang satu ini anda bisa melihat perkebunan sayuran dan strawbery milik masyarakat setempat yang alami dan tradisional.

Selain itu di kebun sayur dan strawbery ini anda dapat memetik sendiri dan makan sembari menikmati pemandangan alam pegunungan dengan suasana pedesaan yang indah dan sejuk sehingga membuai anda bak masuk dalam suasana damai yang senantiasa disajikan di dalam sebuah Film. Kehidupan masyarakat tradisional yang ada di sini sendiri melakukan cocok tanam berupa sayur-sayuran seperti tomat, kol, kobis, wortel dan bawang. Dapatkan paket-paket wisata di Seranggola Agro & Ekowisata berupa Paket Petik Strawbery, Paket Tracking Tour ”Aku Cinta Lingkungan”, Paket ”Aku Petani Hebat”, Paket Outbound (Fun Games), Paket Fun Games And Tracking Tour, Paket Semalam Di Kampung Sayur, Paket ”Kita Bersahabat”, Paket Tracking Tour dan Paket Meeting.

4 dari 7 halaman

3

4.    Goa Lawa
 7 Tempat Wisata Elok di Kota Perwira, Purbalingga

Kecamatan Karangreja memang berpotensi pariwisata yah, sampai-sampai objek wisata yang satu ini juga berada di Kecamatan ini.Goa Lawa yang terletak sekitar 25 km dari kota Purbalingga, obyek wisata yang satu ini sudah cukup tua. Sebagai sebuah Goa, apa sih spesialnya tempat yang satu ini?. Sebagai goa terpanjang, unik dan berbeda dengan goa-goa lainnya di Indonesia, Goa Lawa tidak memiliki stalagmit, stalagtit dan bebatuannya yang tidak berkapur. Terus ada objek apa saja di objek wisata alam ini? Ada Batu Semar, Waringin Seto, Goa Istana Lawa, Goa Dada Lawa, Batu Keris, Goa Cepet, Goa Ratu Ayu dan Wahana Bermain.

5 dari 7 halaman

4

5.    Purbasari Pancuranmas
 
7 Tempat Wisata Elok di Kota Perwira, Purbalingga

Beralih ke tetangga sebelah, di Kecamatan Padamara anda dapat menemukan objek wisata Purbasari Pancuranmas. Dulunya, Purbasari pancuranmas hanyalah sebuah rumah yang dilengkapi aquarium raksasa milik Djunjung tetapi koleksi ikannya sangat beragam. Mau tahu salah satunya?. Salah satu ikan yang ada di aquarium tersebut adalah Araipama yang hanya ada di sungai Amazon!.

Ukuran ikan ini setara seperti manusia dewasa. Akhirnya, ide Bupati Triyono BS menjadikan rumah ini berkembang menjadi obyek wisata yang terus berkembang sampai sekarang ini. Purbasari Pancuranmas menjadi salah satu obyek wisata yang laris di Purbalingga dengan berbagai wahana/fasilitas yang semakin memanjakan wisatawan. Fasilitas yang ada juga memungkinkan berbagai organisasi mengadakan rapat di tempat yang satu ini dan setelah itu jangan lupa abadikan moment anda dengan “take a picture”. Disini anda dapat menikmati River World, Water Boom dan Kolam Renang, Bird Park, Telaga Fulus dan Hall.

 

6 dari 7 halaman

5

6.    Museum Sudirman
 
7 Tempat Wisata Elok di Kota Perwira, Purbalingga

Anda tentu ingat Pahlawan gerilya dong?. Nah, di Kecamatan Rembang akan mengingatkan anda pada rangkaian sejarah Panglima Besar Jendral Sudirman yang lahir pada tanggal 29 Januari 1916 di sebuah rumah sederhana di Desa Bantarbarang, Kecamatan Rembang. Sekarang ini rumah beliau diabadikan sebagai Museum.

Rumah yang masih bernuansa retro dan berbentuk joglo ini memiliki ruang belakang yang berisi ayunan bayi yang konon digunakan tidur bayi Sudirman dan dipan tempat istirahat ayahnya. Jika anda menjelajahi ke dalam rumah tersebut maka anda akan menemukan meja yang terdapat di ruang depan dan  biasa digunakan untuk musyawarah. Awalnya, Museum ini hanyalah sebagai monumen tetapi untuk meningkatkan angka kunjungan wisata, Pemkab Purbalingga akhirnya menjadikannya sebagai museum dan berencana melakukan pemugaran yang dilengkapi dengan areal bermain anak-anak.

7 dari 7 halaman

6

7.    Wisata Kayak Arus Deras
 

7 Tempat Wisata Elok di Kota Perwira, Purbalingga

Wow.. ternyata lagi-lagi ada pelancong luar negri di Purbalingga. Selain disebut sebagai kotanya mendoan, ternyata purbalingga juga layak disebut sebagai kota kayak. Hal ini karena sungai-sungai deras di Purbalingga memungkinkan untuk sarana olahraga kayak. Rasakan sensasi menyusuri sungai-sungai arus deras di Purbalingga mulai dari Hulu Sungai Klawing (Palumbungan - Galuh), Hulu Tambra, Hulu Tungtung Gunung hingga Hulu Gintung.

Belum bisa kayak tetapi ingin menjadi ahlinya? Tenang, di Purbalingga tersedia Sekolah Kayaking Tirtaseta yang akan memandu wisatawan baik pemula maupun mahir untuk menyusuri sungai-sungai arus deras di Purbalingga. Kayaker asal Slovenia sekaligus Presiden freestyle kayaking Slovenia, Andraz Krpic menilai Purbalingga layak disebut kota kayak, pernyataannya tersebut pernah ia tulis pada sebuah website: www.duemstuff.com loh!.

Itulah beberapa potensi Kabupaten Purbalingga dalam hal pariwisata. Selain objek wisata yang disebutkan tadi masih banyak objek tersembunyi yang tak kalah menarik serta  menyajikan kelestarian alamnya yang sejuk. Tidak hanya itu, di dalam bidang lain seperti kesenian, pertanian, dan peternakan Purbalingga juga memiliki potensi. Semoga kota perwira yang berulang tahun pada tanggal 18 Desember ini semakin maju dan semakin memiliki daya tarik yang tentunya bisa semakin memakmurkan masyarakatnya.

Pengirim:

Lusi Alisah / Komunikasi UNDIP 07

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini