Sukses

6 Buku Biografi Jokowi yang Menginspirasi

Jokowi adalah sosok yang menginspirasi banyak orang. Banyak penulis membukukan kisah hidupnya yang fenomenal

Citizen6, Jakarta Perjalanan hidup Jokowi, dari orang biasa, sukses sebagai eksportir mebel sampai karir politiknya yang meroket telah menjadi inspirasi banyak penulis untuk membut biografinya. Laki-laki kurus dan dianggap “ndeso” ini adalah seorang motivator dahsyat yang tak perlu  berbicara berbusa-busa di depan audience.

Para penulis ingin kisah sukses Jokowi sebagai pebisnis dan politikus itu bisa menjadi  contoh bagi masyarakat untuk mengikuti jejaknya.  Sampai Oktober ini, telah puluhan buku diterbitkan.

Berikut 6 buku biografi Jokowi yang paling menginspirasi

1.  Jokowi: Politik Tanpa Pencitraan

Buku ini ditulis oleh dua orang konsultan politik. Mereka adalah Bimo Nugroho, Ajianto Dwi Nugroho .  Buku ini terbit menjelang Jokowi dicalonkan menjadi Gubernur Jakarta.  Buku ini seperti ingin menyatakan bahwa apa yang dilakukan Jokowi sebagai walikota Solo adalah kerja nyata, bukan pencitraan semata.

Buku setebal 278 halaman ini lebih fokus membahas dari sisi politik, namun juga  mengisahkah kehidupan Jokowi mulai yang rumahnya di pinggir kali dan beberapa kali digusur sampai kesuksesannya memindahkan pedagang dan menata kota Solo menjadi lebih baik.  

2. Jokowi Memimpin Kota Menyentuh Jakarta

Buku yang dicetak oleh sebuah penerbitan di Solo ini mengklaim sebagai buku biografi resmi Jokowi. Penulisnya adalah orang yang selama ini dikenal sebagai penulis biografoi tokoh-tokoh terkenal. Beberapa diantaranya adalah Titiek puspa, Kris Dayanti sampai bu Ani Yudhoyono.

Dalam buku ini, Albethiene Endah mengisahkan hidup Jokowi lebih memfokuskan pada kehidupannya sebagai manusia. Masa kecil Jokowi yang susah menjadikan Presiden Indonesia yang ke-7 itu lebih memiliki ketabahan dan hati yang kutat. Karena telah ditempa pengalaman hidup yang keras itu Jokowi lebih bisa menghormati orang-orang kecil yang ada di sekitarnya.  

3.  Jokowi Tokoh Perubahan

Sebagai walikota Solo yang banyak berprestasi, Jokowi banyak memperoleh award. Salah satunya adalah dari Republika yang memberikan penghargaan sebagai salah satu tokoh perubahan.

Di Buku ini, penulisnya Arif Supiryono, Indra Wisnu W, Edi Setiyoko memaparkan fakta-fakta apa saja yang sudah dilakukan Jokowi untuk mengubah kota Solo menjadi lebih baik. Karena itu para penulis  ini yakin bahwa Jokowi juga bisa memimpin Jakarta. Dan terbukti Jokowi terpilih menjadi Gubernur dan akhirnya menjadi presiden Indonesia.

4. Dari Jualan Kursi Hingga Dua Kali Mendapatkan Kursi

Buiku yang ditulis oleh Zaenuddin HM ini terbut dua tahun lalu. Apa yang dibahas di buku ini adalah tentang Jokowi yang begitu visioner. Menurut
Zaenuddin HM Jokowi adalah tokoh pemimpin masa depan. Dengan kesederhanaanya, Jokowi mampu memunculkan harapan pada seluruh masyarakat.  Jokowi mampu melakukan hal-hal yang tidak biasa dilakukan oleh para pemimpin.

Buku ini menjadikan Jokowi sebagai super hero, Jokowi yang dicintai dan ditunggu apa yang akan dilakukan selanjutnya.

5.  Jokowi: Si Tukang Kayu

Sebagai anak pertama, Jokowi sejak kecil telah dididik untuk mandiri. Masa bocahnya yang keras memaksa dia untuk bisa survive. Selama tinggal di bantaran kali, Jokowi pernah digusur sebanyak 3 kali, yaitu ketika tinggal di Srambata, lalu di bantaran Kali Pepe di desa Munggung dan terakhir  di bantaran kali Anyar.

Buku yang ditulis oleh Gatotkoco Suroso ini lebih menyentuh karena lebih banyak membahas soal keluarganya. Bagaimana ia harus melanjutkan usaha warisan orang tuanya .

6.  Jokowi: Pemimpin Rakyat Berjiwa Rocker

Jokowi memang menyukai musik rock. Beberapa band favoritnya adalah Megadeth, Led Zeppelin, Lamb of God, Black Sabbath, Deep Purple, Queen. Jokowi bahkan masih menyimpan kaset album mereka sejak tahun 1970-an.  

Yon Thayrun penulisnya menceritakan dengan detail perjalanan hidup Jokowi, termasuk ketika ketika laki-laki yang waktu lulus SMA menjadi juara umum dengan nilai terbaik itu berpacaran dengan perempuan yang sekarang menjadi isterinya.
 


Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel, foto atau video seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

Video Terkini