Sukses

6 Menteri Terbanyak Dimention di Twitter

Setelah dilantik, akun twitter para menteri baru banjir mention. Siapa yang paling banyak memperoleh respon dari publik?

Citizen6, Jakarta Social media, khususnya Twitter sudah dianggap tool yang efektif untuk berkomunikasi oleh pejabat. Menteri baru memanfaatkannya untuk menampung ide dari masyarakat, berkomunikasi dengan mereka.

Beberapa menteri kabinet kerja Jokowi sudah lama memiliki akun twitter, meski ada beberapa yang tidak aktif. Tapi, beberapa menteri tampaknya baru saja membuka akun. Meski demikian, publik sudah memanfaatkan akun-akun para menteri ini sebagai ruang bertanya, memberi usulan atau sekadar memberikan ucapan selamat, dukungan.

Associate Director Awesometrics, Tomi Satryatomo, menyampaikan bahwa di era komunikasi digital saat ini, penyampaian pesan atau korespondensi lewat surat secara manual sudah hampir jarang dilakukan.

Mungkin, surat via layanan email masih ada yang kerap melakukan. Tapi dengan adanya kebutuhan yang mendesak untuk menyelesaikan segala persoalan di masyarakat, publik kini lebih memanfaatkan jejaring social media, seperti halnya twitter dan facebook.

“Alangkah baiknya jika pejabat publik seperti menteri juga aktif di Twitter atau Facebook. Terlepas memakai admin atau dilakukan (menulis status) sendiri, menteri akan lebih cepat mengetahui persoalan di masyarakat.

Selain itu, menteri juga bisa mengetahui insight publik, atau harapan dari masyarakat untuk kementriannya. Ini juga cara yang cepat untuk menteri bisa berdialog dengan rakyat,” ungkap Tomi Satryatomo.

Selanjutnya, Awesometrics bisa membantu para menteri untuk memantau secara realtime (setiap saat) percakapan-percakapan yang masuk ke akun-akun para menteri. Kemudian, Awesometrics akan menganalisa opini, harapan, dan persoalan yang berkembang di masyarakat.

“Nantinya, hasil pantauan dan analisa ini akan menjadi rekomendasi, panduan atau evaluasi kerja kementrian, sehingga kementrian atau menteri bisa dengan cepat mengantisipasi persoalan dan mengambil tindakan solusi,” demikian penjelasan Tomi.

Sampai Minggu, 26 Oktober 2014,  akun-akun menteri yang memperoleh mention dari publik terbanyak adalah:

1. Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan perikanan.

 Pada hari pelantikannya, perempuan yang dipanggil "Puteri Laut" oleh mantan suaminya ini baru memposting dua ciapan. namun onliner seolah tak peduli, meski dia belum banyak memposting followernya terus bertambah secara drastis. Sampai hari ini, Kamis, 30 Oktober 2014 akun twitternya @SusiPudjiastuti followernya telah mencapai 16 ribuan. Selama sepekan ini  ia memperoleh mention sebanyak 3000an dari para "fans"nya

2. Anies Baswedan, Menteri Kebudayaan, Pendidikan Dasar dan Menengah

Sosok ini sudah tak asing lagi di dunia social media. Sejak ia membuat program Pengajar Muda yang mengirim guru ke daerah-daerah terpencil nama Anies Baswedan sudah sangat populer. Dia sangat memahami kekuatan social media yang efektif untuk mensosialisasikan program dan ide-ide nya.

Sejak ia dilantik mennjadi menteri, laki-laki yang mempunyai akun twitter @AniesBaswedan ini dimention tweeple sebanyak 2,9 ribu.

3. Lukman H. Saifuddin, Menteri Agama

Lukman telah menjabat sebagai Menteri Agama sejak pemerintahan SBY. Di era Kabinet Kerja Jokowi, Lukman Siafuddin yang kini followernya 79 ribuan ini telah aktif sejak Oktober 2010. Dia sangat aktif memanfaatkan social media untuk berkomunikasi dengan followernya. Dan Onliner menyukai ide-ide yang disampaikannya.

Begitu namanya diumumkan sebagai menteri Agama, respon membanjiri akun twitternya @lukman.saifuddin sebanyak 1,8 ribuan.

4. Rudiantara, Menkominfo

Mantan direktur sebuah telko ini ternyata tidak aktif di Twitter. Sampai hari ini Kamis, 30 Oktober 2014 Rudiantara baru memposting dua kali di akun twitternya @Rudiantara_id. Karena itu mungkin para onliner juga enggan untuk berkomunikasi dengannya. Karena itu meski posisinya sebagai menkominfo yang berhadapan langsung onliner ia hanya dimention sebanyak 1400-an kali.

5. Imam Nahrawi, Menteri Pemuda dan Olahraga

Mantan Sekjen PKB ini mulai aktif di twitter sejak 2010. Namun ia sangat irit memposting di akunnya @Imam_Nahrawi. Sejak dilantik menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga di Istana, ia hanya memperoleh 1,300an mention.

6. Nina Moeloek, Menteri Kesehatan

Mulai ngetwit dengan akun sesuai namanya, @NinaMoeloek sejak tahun 2011. Namun Ibu Nina ini baru 118 kali memposting. Setelah dilantik jadi menteri kesehatan, ia dimention publik selama 1000 kali.


Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel, foto atau video seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini