Sukses

4 Cara Bagaimana Merangkul Kekuatan Anda

Citizen6, Jakarta Membuat orang lain bahagia memang penting. Namun terkadang Anda terlalu sering melakukannya, khususnya kaum wanita. Wanita seringkali berusaha membahagiakan orang lain terlalu ekstrim.

Tentu saja menutupi kemampuan Anda dan menyimpan opini, membiarkan orang lain memimpin akan lebih mudah. Namun tindakan tersebut tanpa Anda sadari sama halnya dengan menyia-nyiakan kemampuan Anda dan tidak mendapatkan kebahagiaan pribadi serta kesuksesan dalam karir.

Mengeluarkan kemampuan Anda terkadang tidak dapat dilakukan secara alami, hal tersebut membutuhkan strategi. Berikut ini adalah cara untuk mengeluarkan kemampuan yang ada di dalam diri Anda, menyuarakan dan menegaskan kehadiran Anda.

1. Miliki kemenangan Anda

Jika Anda berpikir bahwa dengan bersikap mencela diri sendiri saat Anda mengutarakan pendapat akan memberikan kemenangan, Anda salah. Tindakan tersebut sama saja memberitahukan pada diri Anda sendiri dan orang lain bahwa Anda tidak berhak mendapat kesuksesan.

Sadari bahwa jika Anda sukses, itu karena keberhasilan Anda, kerja keras Anda, dan kemampuan Anda. Jangan pernah melupakan kata 'terima kasih', itu adalah kata-kata yang bermakna kuat.

2. Keluarkan pendapat bukan bertanya

Mengubah pernyataan menjadi sebuah pertanyaan dengan meninggikan suara pada akhir kalimat adalah sebuah cara untuk mendapat persetujuan. Seperti 'Saya tidak menantang Anda, hanya menanyakan', dan wanita lebih sering melakukan itu dibandingkan dengan pria.

Apakah Anda mengeluarkan pendapat dan ide seperti bertanya? Jika iya, latihlah hingga Anda melihat perubahan dari diri Anda. Lalu coba praktekkan.

3. Buang pikiran negatif atau Negative Automatic Thoughts

Negative Automatic Thoughts atau NAT sering bermunculan di pikiran Anda. Menuntut perhatian dan mengambil alih ketenangan Anda, seperti 'Saya tidak memiliki pengalaman untuk posisi itu', 'Saya tidak akan bisa melakukan itu'.

Satu-satunya cara untuk menghilangkan NAT adalah dengan menantang ide itu sendiri. Rubah cara berpikir Anda seperti, 'Bos saya hanya sibuk, bukan tidak mendengarkan saya'. Hanya dengan begitu, Anda dapat mengalahkan NAT.

4. Menekan 'haus pujian'

Siapa yang tidak suka diakui atau dipuji karena hasil pekerjaan, penampilan atau rumah? Melihat diri Anda dari mata orang yang memberikan pujian, namun jangan terlalu banyak berharap pengakuan dari luar. Sebagai gantinya, ciptakan opini Anda sendiri.

Kembangkan dialog dengan diri sendiri, itu akan meningkatkan kepercayaan diri seperti yang akan Anda ucapkan pada seorang sahabat. Anda akan merasakan kepercayaan diri dalam sekejap.

Penulis:

Alca Mahameru

Disclaimer:


Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel, foto atau video seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com