Sukses

Hindari 5 Kebiasaan yang Membuat Ponsel Anda Rusak

Citizen6, Jakarta Ponsel merupakan alat komunikasi yang sekarang ini sangat dibutuhkan semua orang, dan ponsel ini juga sudah banyak sekali tipe dan kegunaanya dari yang paling jadul yang bisa sms dan telepon sampai yang terbaru dengan ratusan fitur yang sangat mumpuni.

Ponsel sudah menjadi barang pokok, namun seringkali orang kurang memperhatikan beberapa aspek yang bisa membuat ponsel itu rusak. Kali ini mari membahas 5 kebiasaan yang bisa membuat ponsel Anda rusak, apa sajakah itu? berikut ini ulasanya:

1. Digunakan Dalam Suhu ekstrim

Suhu normal yang diperbolehkan untuk ponsel adalah 16-30 derajat celcius, jadi lebih baik jangan digunakan dalam suhu yang dibwah 0 atau diatas 35 derajat celcius. Karena itu akan membuat ponsel Anda cepat rusak karena perangkat ponsel tidak bisa menahan panas yang berlebihan.

2. Pengisian Daya Berlebihan

Seringkali hal ini diabaikan, dengan mengisi daya semalaman misalnya, alsanya memang agar baterai terisi penuh. Namun hal ini bisa merusak ponsel Anda, dan bisa mengakibatkan baterai ponsel bocor dan rusak jika dilakukan secara berkelanjutan.

3. Menggunakan Charger KW

Yang satu ini juga sering orang mengabaikanya, karena memang untuk membeli charger yang asli agak tergolong lebih mahal dari pada yang KW yang memang bisa separuh harga. Namun Anda perlu tahu untuk setiap ponsel biasanya ukuran voltasenya, biarpun ukuran portnya sama, jadi jika Anda terus nekat menggunakan charger yang KW secara berkelanjutan bisa mengakibatkan baterai Anda mengembung atau juga bisa membuat perangkat Anda panas saat dicas dan bisa membuat ponsel Anda cepat rusak.

4. Tidak Pernah di Matikan

Hal ini juga mempengaruhi ketahanan ponsel terutama baterai Anda, seperti halnya manusia yang perlu beristirahat dan sebuah ponsel ini juga perlu istirahat untuk menjaga komponen di dalamnya tetap dalam kondisi bagus.

5. Tidak Pernah Dibersihkan

Sebuah perangkat ponsel ini sangat rentan terhadap kotoran yang ada, jadi bersihkanlah ponsel Anda secara rutin agar komponen dalam ponsel Anda tidak tergerus oleh kotoran yang menempel, yang akan menghambat kinerja dari ponsel Anda.

Pengirim:

Ruang Teknologi

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel, foto atau video seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com