Sukses

BPJS, KKS, KIS, KIP JKN, Tweeple: Duh Puyeng...

Citizen6, Jakarta Hari ke-14 menjadi presiden Indonesia yang ketujuh, Jokowi bagi-bagi kartu sakti. Tidak tanggung-tanggung, ada 3 macam kartu yang diluncurkan Jokowi hari ini, Senin, 3 November 2014. Ketiga kartu itu adalah KKS (Kartu Keluarga Sejahtera), KIS (Kartu Indonesia Sehat) dan KIP (Kartu Indonesia Pintar)

KKS merupakan bantuan tunai bagi keluarga kurang mampu yang diberikan dalam bentuk rekening simpanan.  

Kartu ini sekaligus menjadi bentuk kompensasi atas rencana kenaikan harga BBM bersubsidi yang akan segera diterapkan sebelum tahun depan.

Sementara dengan KIP dan KIS, warga bisa mengakses layanan pendidikan dan kesehatan gratis. Siswa pemegang KIP mendapat bantuan dana sebesar Rp 450 ribu per tahun untuk SD, Rp 750 ribu per tahun untuk SMP, dan Rp 1 juta per tahun untuk SMA.

Bagaimana dengan warga yang telah menjadi anggota BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Nasional) dan membayar iuran setiap bulan? Banyak Tweeple yang belum jelas dengan soal ini.

Berikut beberapa ciapan yang mempertanyakan hal tersebut:

"@Lily_cweetz: Ada jamkesmas, Bpjs, KIS,KIP,KKS .. Duh puyeng ... Mending didata ulang dulu, jgn brpegang dgn data yg lama, biar benar" tepat sasaran"

"@anisroikhatin: udah dibaca, masi ga ngerti :/ RT @liputan6dotcom: Ini Beda Kartu Indonesia Sehat dan BPJS http://bit.ly/1GdTUBc"

"@MiraArdini: Lieur..Ada kartu indonesia sehat satu lg ada bpjs yg gw punya skrg. Bedanya apa? Kelebihannya apa? Bayar preminya jd dobel donk??"

"@Laduni_Sadja: Ada yang bisa memberi jawaban atas perbedaan kartu BPJS dengan K I S ?"

"@sahabat_ronin: Tolong dong jelasin apa beda Kartu Indonesia Sehat dgn BPJS? #belajarpaham"

"@M45EKO: Bagaimana cara mendapat KIS/BPJS? bantu dong"

"@ArdFrizal : Pak @jokowi_do2 , jika skrg KIS sdh diluncurkan dan digunakan, lalu bgaimana dgn krtu BPJS?"

Bagaimana dengan Anda?



Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel, foto atau video seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@li