Sukses

Akhir Pekan di "Picnic and Games Afternoon for AIYEP"

Citizen6, Perth Pertukaran pelajar Australia yang dikenal dengan AIYEP (Australia- Indonesia Youth Exchange Program) membuat acara liburan akhir pekan di pinggir Swan River di senja sore menjelang matahari terbenam, Coode Street Jetty, South Perth, Sunday (2/11/2014).

Acara yang sangat santai penuh dengan keriaan tawa membawa house ... salah satu keluarga yang dijadikan sebagai orang tua angkatnya ketika berada di Perth.

Tampak suasana kekeluargaan yang harmonis sambil beramah tamah sambil pula menyantap hidangan yg dibawa oleh orang tua angkat mereka dan sumbangan dari KONJEN RI, Perth Bapak E.D Syarief Syamsuri beserta Ibu dan keluarga staf KJRI, Perth.

"Jumlah mereka ada 18 orang, 9 laki dan 9 perempuan dan waktu yang diberikan hanya 4 bulan, ada yang magang jadi guru Bahasa Indonesia di salah satu sekolah hinggaada ysng magang di TV Channel 9 Australia, kata mas Syahrial salah satu ketua kelompok berasal dari Aceh".



Dari ramah tamah acara dilanjutkan dengan pertunjukan penampilan mereka yang piawai menunjukan tari-tarian hasil kreasi mereka sendiri, tentunya dengan diiringi gitar dan rebana.

Penampilan berikutnya benar-benar membuat takjub orang tua angkat dan penonton lainnya. Mereka sangat kompak ketika membawakan Tari Saman. Apalagi tari ini ditampilkan di ruang terbuka, hingga benar-benar menyentuh langsung ketika mereka mengetuk tanah rumput, benar-benar penonton terbawa oleh irama tariannya.

Walau cuma dua kesenian yang ditampilkan dalam bentuk lagu-lagu daerah dan tari saman, namun para  orang tua angkat dan penonton merasa puas melihat langsung kebudayaan Indonesia yang ditampilkan oleh anak-anak pertukaran pelajar dari Indonesia.

Suasana piknik lebih terasa ketika yang hadir diajak mengikuti beberapa permainan khas Australia, seperti tumpukan balok, permainan bakiak, bola besar, dan sejenis bowling.

Menyatukan kedua bangsa dalam Pertukaran Pelajar diacara piknik tentunya memiliki kesan tersendiri. Diakhir acara anak-anak pertukaran pelajar, orang tua angkat dan tamu yang hadir diajak foto bersama dengan latar belakang sungai Swan River dan keindahan kota Perth di waktu senja.

Pengirim:

Naomi Tobing

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel, foto atau video seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@li