Sukses

Crispy-nya Gurami Padang Pasir di Kendal

Citizen6, Jakarta Bagi pecinta ikan laut maupun ikan tawar, di salah satu rumah makan Tirtoarum Kendal Jawa Tengah membuat inovasi olahan ikan tawar gurami. Mendengar olahan makanan gurami padang pasir,  yang terbayang adalah olahan ikan dari timur tengah.  Dinamakan padang pasir, karena ikan yang digoreng renyah dan kering ini ditaburi dengan pasir dari tepung yang dicampur dengan bumbu yang renyah dan gurih.

 
Bahan utama gurami padang pasir tentunya ikan gurami yang masih segar, namun dengan olahan khusus ikan gurami ini dimasak menjadi gurih dan renyah. Yang menjadikan khas adalah taburan pasir di sekitar ikan gurami untuk menciptakan rasa yang lebih renyah dan crispy.

Pengelola rumah makan, Sri Sarwo Utomo mengatakan, gurami padang pasir merupakan menu inovasi dari bahan ikan air tawar.

Ikan gurami yang dimasak garing kemudian ditaburi tepung krispi ini proses pembuatannya hanya membutuhkan bumbu tepung, bawang merah dan bawang putih serta telur. Ikan gurami yang sudah dibersihkan dibelah dan dilaburi dengan tepung untuk kemudian digoreng hingga kering.

Sedangkan untuk tepung krispinya, diolah dari campuran bumbu dan telur serta dimasak dalam minyak yang panas agar tepung tidak menggumpal. Dari serangkaian uji coba akhirnya berhasil menciptakan menu baru yang dinamakan gurami padang pasir karena taburan tepung krispi layaknya pasir.

Gurami padang padang pasir ini nikmat disajikan dengan sambal serta lalapan. Bagi penikmatnya gurami padang pasir mempunyai rasa yang berbeda dengan olahan ikan gurami lainnya. Rasa gurih dan tidak amis serta taburan tepung krispi yang renyah menjadikan gurami padang pasir lebih nikmat.

Salah satu penikmat ikan tawar, Wikha Setiawan warga Jepara ini sudah lebih dari sekali menikmati gurih dan renyahnya gurami padang pasir. Rrasanya yang gurih serta tepung krispinya membuatnya selalu mampir jika melintas di jalur pantura Kendal.

Gurami padang pasir ini dibandrol dengan harga yang terjangkau yakni rp 80 ribu perkilogram. Biasanya berisi dua atau tiga ekor ikan gurami berukuran sedang dan bisa dinikmati untuk empat orang. Penasaran dengan rasa renyah gurami padang pasir tidak ada salahnya jika melintas pantura Kendal untuk singgah di tempat ini. Lokasinya Restoran terletak di pinggir jalan raya selain resto juga ada berbagai hiburan anak-anak seperti kolam renang tempat outbong dan playingfox//  

Pengirim:

Wahyudi

Kendal

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel, foto atau video seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com