Sukses

6 Fakta Manfaat Jalan Kaki Setiap Hari

Jalan kaki, hal yang sederhana yang bisa dilakukan setiap hari ini sebenarnya banyak manfaatnya

Citizen6, Jakarta Siapa bilang jalan kaki hanya bikin lelah saja? Jalan kaki merupakan kegiatan sederhana yang pasti setiap orang sering lakukan. Selain mudah dilakukan, jalan kaki juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan.

Jalan kaki merupakan olahraga gratis yang mungkin dengan sengaja atau tanpa sengaja sering seseorang lakukan. Jalan kaki memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Geoff Nicholson dalam bukunya, Lost Art of Walking, memuji manfaat besar yang didapatkan dari berjalan kaki. Selain baik bagi kesehatan fisik, psikologi dan manfaat sosial, aktivitas yang sederhana itu juga bisa mengubah hidup Anda.

Beberapa fakta tentang jalan kaki diantaranya adalah:  Jalan kaki selama 20 menit setiap hari akan membakar 7 pound atau 3,5 kg lemak per tahun. Jalan kaki lebih lama setiap hari selama 40 menit adalah cara terbaik untuk menurunkan berat badan.  Jalan kaki cepat dari 20 sampai 25 menit adalah kondisi terbaik bagi jantung dan paru-paru.

Sementara itu tak sedikit manfaat yang bisa diperoleh dengan rajin jalan kaki. Berikut 6 Manfaat jalan kaki yang bisa dilakukan setiap hari:

1. Memperbaiki efektivitas jantung dan paru-paru dan membakar lemak dalam tubuh

2. Meningkatkan metabolisme sehingga tubuh membakar kalori lebih cepat, bahkan sekalipun tengah istirahat. Selain itu juga membantu mengontrol selera makan

3. Meningkatkan energi dan Membantu menyembuhkan stress

4. .Memperlambat penuaan,  dan enurunkan tingkat kolesterol dalam darah

5. Menurunkan tingkat darah tinggi dan membantu mengontrol dan mencegah diabetes

6. Menurunkan beberapa resiko kanker seperti kanker prostat dan payudara juga membantu rehabilitasi dari serangan jantung dan stroke. Dengan jalan kaki bisa juga memperkuat otot kaki, paha dan tulang

Selain mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan fisik, jalan kaki juga mempunyai manfaat psikologi dan manfaat sosial, aktivitas yang sederhana itu juga bisa mengubah hidup kita.

Berjalan kaki dapat membuat sesorang mengurangi rasa stres dan membuat fikiran sesorang menjadi jernih. Jalan kaki merupakan sarana meditasi untuk orang-orang yang gemar dengan kegiatan-kegiatan yang membutuhkan relaksasi.

Selain manfaat untuk kesehatan fisik dan psikologis, jalan kaki juga memiliki manfaat sosial, biasanya ketika seseorang berjalan kaki bersama rekan-rekannya mereka tanpa sengaja saling melakukan perbincangan sehingga dengan begitu jalan kaki bisa mempererat hubungan pertemanan.

Jalan kaki juga bisa membuat kita untuk lebih mengenal atau menikmati keindahan lingkungan sekitar. Berjalan kaki mempunyai manfaat untuk mengasah ketajaman panca indera karena dengan berjalan kaki kita dapat melihat keindahan sekeliling kita dengan jelas.

Dengan begitu jalan kaki bukanlah hanya kegiatan yang membosankan dan melelahkan karena dengan berjalan kaki, kita bisa mendapatkan banyak keuntungan untuk tubuh kita.

Pengirim:

Widyastuti
Jalan Tipar Cakung rt 04/05 no.91 Jakarta Timur
Politeknik Negeri Jakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini