Sukses

Pulau Pramuka Alternatif Baru Tempat Wisata

Pulau Pramuka makin banyak pengunjungnya. Karena pulau ini bisa dijangkau dalam waktu 2, 5 jam dari Jakarta

Citizen6, Jakarta Pulau-pulau di Indonesia kini menjadi tempat wisata yang makin digandrungi para wisatawan. Khususnya Anak-anak muda yang ingin refreshing atau memang sengaja ingin melihat keindahan pulau tersebut. Pulau Pramuka merupakan salah satu pulau yang berada di Kepulauan Seribu yang sangat direkomendasikan untuk tempat berwisata.

Kepulauan Seribu ini merupakan salah satu dari banyaknya pulau di Indonesia yang kini banyak didatangi oleh para wisatawan baik wisatawan lokal maupun interlokal. Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu adalah sebuah kabupaten administrasi di Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Wilayahnya meliputi gugusan kepulauan di Teluk Jakarta.

Pulau Pramuka Alternatif Baru Tempat Wisata

Di Kepulauan Seribu memiliki sebelas pulau-pulau kecil yang berpenghuni, satu di antaranya yaitu Pulau Pramuka. Pulau Pramuka merupakan pusat pemerintahan Kabupaten Kepulauan Seribu, dengan menempuh jalur laut selama 2,5 jam dari Muara Angke menggunakan kapal.

Kapal transportasi tersebut diberangkatkan setiap harinya pada pukul 07:00 dan 13:00 WIB baik dari Muara Angke maupun dermaga Pulau Pramuka.

Sesampainya di Pulau Pramuka penglihatan kita seakan dimanjakan oleh birunya air laut, desiran ombak, putihnya pasir pantai, hingga beningnya air laut yang memperlihatkan ikan-ikan yang berenang-renang di bawah permukaan laut.

Pulau Pramuka Alternatif Baru Tempat Wisata

Tidak hanya itu, Pulau Pramuka yang merupakan pusatnya pemerintahan Kepulauan Seribu juga memiliki fasilitas yang terbilang cukup lengkap untuk sebuah pulau. Mulai dari tempat penginapan atau yang sering dikenal dengan kata homestay, rumah makan, rumah sakit umum daerah (RSUD), masjid, hingga alun-alun yang berada tepat di depan kantor bupati Kepulauan Seribu.

Harga yang cukup terjangkau untuk sebuah homestay membuat Pulau Pramuka tidak pernah sepi pengunjung. Menu makanan  makanan laut yang disajikan membuat para wisatawan ketagihan. Selain itu, di Pulau Pramuka juga terdapat penangkaran Penyu Sisik yang dikepalai oleh Bapak Salim.

Pulau Pramuka Alternatif Baru Tempat Wisata

Penyu-Penyu tersebut akan dikembangbiakan dan dirawat dalam satu area, sehingga para wisatawan dapat dengan mudah meyentuh langsung atau hanya sekadar melihat dan ingin mengetahui tentang penyu-penyu tersebut. Apabila penyu-penyu tersebut sudah cukup umurnya, maka mereka akan dilepaskan kembali ke tepi pantai.

Tidak hanya penangkaran penyu sisik, di Pulau ini juga terdapat area wisata Taman Mangrove. Wisata Taman Mangrove merupakan area tumbuh-tumbuhan mangrove dilindungi keberadaannya. Para wisatawan bisa dengan mudah melihat tumbuh-tumbuhan mangrove yang berada di pesisir pantai Pulau Pramuka.

Gugusan terumbu karang yang tersebar di sekitar Pulau Pramuka juga menjadi poin utama untuk para wisatawan mengunjungi tempat ini. Hanya dengan menggunakan baju pelampung, sepatu katak, masker dan snorkle kita akan bisa melihat keindahan alam bawah laut yaitu terumbu karang     yang berwarna-warni dan ikan-ikan hias yang menari-menari di terumbu karang tersebut.

Itulah keindahan Pulau Pramuka yang tidak kalah menarik dengan tempat-tempat wisata lain. Tunggu apalagi? Ayo kita berwisata dan menikmati keindahan alam Pulau Pramuka!

Penulis:
Widy Astuti



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini