Sukses

6 Tips Agar Bisa Ceria Setiap Hari

Rutinitas kesearian kadang membuat kita jenuh. Bagaimana agar bisa tetap ceria setiap hari?

Citizen6, Jakarta Sebagai pekerja di kota besar seperti Jakarta dan kota-kota lain, tantangan yang dihadapi pasti lebih besar dibanding di tempat lain. Selain kemacetan selama dalam perjalaan, tugas-tugas yang harus dikerjakan dengan tenggat yang ketat, juga hubungan-hubungan sosial yang kadang lebih rumit dari pekerjaan itu sendiri.

Rutinitas kerja, kadang membuat beberapa Jakartans merasa bosan dan jenuh. Maka tak heran ketika hari Senin tiba, tampak di linimasa Twitter bermunculan ciapan-ciapan yang menunjukkan keengganan mereka menghadapi hari Senin.  Ini kontras dengan hari Jumat.  Mereka kebanyakan senang menghadapi akhir pekan. Sampai-sampai muncul istilah Jumat Ceria.

Nah bagaimana caranya agar setiap hari bisa ceria  seperti hari Jumat, berikut tipsnya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1

1.Senin: Berangkat lebih pagi, pakailah Baju Baru

Hari pertama kerja, ciptakan mood lebih bersemangat. Berangkatlah lebih pagi dan pilihlah jalur yang berbeda untuk menuju tempat kerja.  Cobalah rute baru, jalan tikus atau jalan yang bisa jadi lebih cepat sampai.

Kenakan pakaian baru, pakaian yang masih fresh dan rapi akan memberikan efek lebih nyaman,  menyenangkan dan menenangkan. Selain untuk menghargai diri sendiri, konon memakai baju  baru adalah salah satu bentuk untuk menghormati orang lain yang kita temui. Tentu baju baru tidak harus mahal, karena saat ini nyaris semua mal tiap hari ada diskon tak kenal momentum.

3 dari 7 halaman

2

2. Selasa: Bawalah makanan dari rumah

Sesampai di kantor, ucapkan selamat pagi kepada semua orang yang kamu temui dengan senyum. Agar suasan hari ini terasa berbeda, buatlah kejutan-kejutan kecil di lingkungan meja Anda. Salah satu caranya adalah dengan berbagi makanan atau cemilan buat mereka. Suasana yang menyenangkan diantara teman-teman kerja akan membuat mood anda juga senang.

Syukur-syukur kalau makanan tersebut  buatan sendiri. Sehingga kita bisa meminta komentarnya apakah makanan yang kita bikin rasanya sangat enak atau biasa saja. Kalau memang enak, ini adalah peluang untuk membuka bisnis sampingan kalau memang keadaan memungkinkan.

4 dari 7 halaman

3

3. Rabu: bertemulah dengan kawan baru

Era internet sekarang ini memudahkan setiap onliner untuk terhubung dengan banyak orang dengan profesi dan karakter yang beragam. Sebagai onliner bisa langsung berkenalan dan mengajak bertemu atau kopdar (kopi darat) dengan orang-orang yang ingin kita temui melalui akun social media yang kita punya: Twitter misalnya.

Ini sangat penting, karena selain untuk memperluas jaringan pertemanan, kita akan berdiskusi tentang topik tertentu atau minimal mendengarkan hal-hal baru yang belum pernah kita dengar sebelumnya. Karena setiap orang pasti menyimpan “sesuatu” di dalam kepalanya yang layak dishare.

Biasanya orang-orang yang akan kita ajak bertemu tidak ada yang menolak, kalau memang punya waktu. Mereka pasti mau menyempatkan diri untuk bertemu.  

5 dari 7 halaman

4

4.Kamis : Datang dan bergabung dengan komunitas-komunitas

Saat ini, terutama di Jakarta banyak sekali event-event yang diadakan baik oleh brand, komunitas dalam bentuk sharing, diskusi atau aktivasi lan.  Acara-acara seperti itu sangat penting karena sebagai orang Indonesia, berkenalan di internet (online) saja tidak cukup. Akan lebih afdol ketika bertemu langsung, berjabat tangan dan dilanjutkan mengobrol.

Selain memperoleh teman-teman baru, di event seperti ini kita juga akan memperoleh pengetahuan dan pengalaman baru. Saat ini, bergabung dengan salah satu komunitas akan memberikan nilai lebih pada pribadi seseorang.

6 dari 7 halaman

5

5.Jumat: Bertemu dengan teman “se-gank”

Weekend akhirnya tiba. Hari terakhir kerja ini bagus juga untuk bertemu dengan teman-teman se-gank, teman-teman yang sudah sangat akrab. Suasana ini akan sangat menyenangkan.

Dengan teman-teman yang sudah akrab ini kita bisa nonton film, karaoke atau sekedar nongkrong di warung kopi sambil bertukar pikirian, mulai dari hal yang serius sampai sesuatu yang tidak penting: tentang pekerjaan, tentang mimpi-mimpi masa depan, atau sekedar merencanakan liburan atau nonton teater atau pagelaran minggu depan.

7 dari 7 halaman

6

6.Sabtu: Menelepon dan Menulis

Sabtu, jika tidak sedang cuti liburan, hal yang paling menyenangkan dilakukan adalah menghubungi teman-teman “jauh” yang belum  punya akses ke internet atau social media. Menelepon dengan menanyakan kabar dan keadaan    mereka itu pengalaman yang menyenangkan. Selalu saja ada hal-hal tak terduga yang membuat kita tertawa.  Terlalu lebar gap trend yang terjadi di Jakarta dengan kota-kota lain yang belum terdeteksi google map.

Aktivitas lain yang membuat fresh di hari Sabtu adalah menulis. Menulis saja apa yang melintas-lintas di kepala. Ada yang menyarankan utuk menuliskan hal-hal kebaikan yang telah kita capai selama satu minggu sebagai bentuk terapi agar kita lebih bisa menghargai dan memaknai hidup.

Andai hal diatas dilakukan secara rutin dan konsisten, kemungkinan besar, anda akan menjalani hari-hari dengan ceria. Namun yang lebih penting adalah mengubah mindset bahwa setiap hari sebenarnya adalah hari baru. Karena hari Senin, 17 November 2014 adanya hanya hari ini, Senin depan dan depannya adalah momen yang berbeda lagi.

Selain itu juga pelan-pelan mengubah mindset tentang bekerja. saat ini, di era 2.0 ini bekerja dan bermain nyaris tidak ada bedanya. kita bisa berasumsi bekerja 7/24 dan ini pikiran akan terasa berat. bagaimana kalau diubah bekerja itu adalah bermain-main yang menyenangkan, karena bisa dilakukan di mana dan kapan saja. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini