Sukses

Brown Canyon, Mulai Populer di Semarang

Satu lagi tempat wisata di semarang kini mulai populer. Selain lawang sewu, Brown Canyon adalah salah satu tempat yang perlu dikunjungi

Liputan6.com, Jakarta Apa yang terlintas dalam pikiran kalian jika mendengar kata “Semarang”? Mungkin kalian akan menjawab lunpia, wingko babat, Lawang Sewu, Simpang Lima, dan sebagainya. Tapi apakah kalian tahu jika akhir-akhir ini di Semarang sedang ramai-ramainya diperbincangkan sebuah tempat wisata baru yang sering disebut Brown Canyon?

Sebuah tempat dimana kita bisa foto-foto asyik dengan pemandangan yang memukau sehingga cocok untuk dipamerkan di instagram atau media sosial lainnya. Banyak sekali mahasiswa atau pelajar yang menggandrungi tempat ini.

Selain pemandangannya yang indah, tempat ini cocok dijadikan untuk menyalurkan hobi seperti fotografi atau travelling.
Jika bertanya ke warga sekitar dengan menyebut Brown Canyon, mereka tidak tahu dengan sebutan tersebut. Karena sejatinya tempat ini adalah Proyek Galian C.

Sudah lebih dari 10 tahun, di tempat ini ditambang pasir, tanah urug dan batu padas. Sebelum membentuk tebing tebing mirip Grand Canyon, tempat ini sebelumnya adalah bukit, yang setiap hari dalam sekian tahun, setelah diambil materialnya terbentuklah tekstur tebing yang unik. Tebing tebing muncul karena tidak semua bukit menjadi area proyek galian, sehingga di perbatasannya terbentuk tebing tebing tersebut.

Jika hendak ke sini, sebaiknya dilakukan di pagi atau sore hari. Karena selain pemandangannya lebih bagus, banyak sekali debu bertebaran dan tidak ada pohon untuk berteduh. Dan lebih baik hindari datang ke Brown Canyon menggunakan kendaraan beroda empat atau lebih karena jalan untuk melalui Brown Canyon sangat sulit dilakukan menggunakan kendaraan tersebut.

Ada banyak rute untuk bisa sampai ke Brown Canyon, yang paling dekat juga paling sulit kondisi jalannya adalah lewat Jalan Fatmawati (Pedurungan-Semarang Timur) sekitar lima belas menit dari pusat kota. Dari Fatmawati terus menuju selatan dan setelah sampai RSUD Kota Semarang (Ketileng), belok kiri menuju kompleks perumahan di area Klipang.

Setelah sampai Klipang Golf, terus saja melalui jembatan baru, dan di depan ada 2 jembatan besi lagi, terus saja, lalu belok kanan. Sesampai di lokasi ini mulai banyak truk truk pengangkut tanah urug, pasir atau padas hingga lokasi. Lokasi berada 2 km ke arah selatan dengan kondisi jalan yang sangat bergelombang dan berdebu.

Jadi tunggu apa lagi? Kalau di Amerika ada Grand Canyon, di Pangandaran ada Green Canyon. Di Semarang juga ada Brown Canyon kali. Nggak akan rugi kalau sudah kesini, dijamin. Datang dan buktikan sendiri. Jadikan salah satu dari tujuan wisata kalian ya jika datang ke Semarang.

Pengirim:

Hajar azizatun Niswah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini